1st Post of 2019

Jadi sebelum balik ke kerjaan, I should reward myself by writing this. As usual, di hari pertama ini Goodreads udah mengajak kita untuk kembali setting reading goals buat setahun ke depan. Jadi sebagai warga Goodreads yang baik, gw kudu pasang angka juga dong.

Ya sebelum pasang angka, pastinya gw harus tahu diri. Well for the record, tahun lalu gw pasang target 48 buku yang ternyata kesampaian karena cuma 8-nya aja, 40 buku lainnya engga. Penyakitnya gw di tahun ini, terkait baca buku, adalah gw yang seringnya ngga menamatkan sampe halaman terakhir. Gw yakin sebetulnya buku yang gw baca itu banyak.

Akses Gramedia Digital gw ada, Moon Reader pun masih sering kebuka, tapi ya itu entah kenapa gw selalu kalah sama lelah dan kesibukan. Kalo kalian liat di potongan skrinsut di atas, tahun 2014 gw ngabisin 120 judul buku woy, kenapa 4 tahun kemudian malah terjun paralayang jadi 8 buku??

Back to GR challenge, tahun ini gw pasang angka di 36 buku aja ya. Jadi ngepasin 3 buku diabisin per bulannya. Itu udah harusnya udah jadi angka yang bisa daya baca gw toleransi. Nah kalian ikutan ga? Pasang target berapa buku untuk diselesaikan di tahun ini?

Ohiya, masih dalam rangka berupaya kembali bersemangat dalam membaca buku, ini ada artikel bagus yang perlu disimak.

How to read more books dari Ash pemilik taleaway,com

Poin yang pengen gw pegang banget dari tips dia adalah:

  • Mulai dari buku yang emang gw sendiri excited untuk baca
  • Kalau emang berangkatnyadari reading-block, well, pilih bacaan yang ga tebel tapi bahasannya tetep sesuai selera dan tetep entertaining
  • Di part menej waktunya, perhatikan untuk: (1) luangkan 20menit waktu baca setiap hari, (2) engage di pagi atau sore -maksudnya ya tadi bikin 20 menit waktu bacanya itu difokusin di mana? di pagi atau di sore (in-line dengan yang emang udah jadi habit dan karakter daily lifestyle, (3) Bawa buku ke mana-mana, dan (4) Make it your priority.
  • Terus juga ini, yang merupakan obat bagi penyakit multi-reading gw: Gw harus bisa fokus di satu buku -habiskan -lalu pilih judul berikutnya. Wkwkwk, susyah banget deh ini mesti!
  • Terakhir, kalo emang kalian belum biasa baca buku (dalam artian, ya bukan hobi gitu, tapi kalian mau give it a try) pastikan aja untuk bikin atmosfer yang comfortable biar baca buku makin jadi experience yang menyenangkan.

Please baca langsung aja artikelnya ya, biar lebih paham sama tipsnya si Ash itu, karena yang diatas itu adalah hasil saduran atas apa yang gw dapetin di artikel itu. Moga manfaat, dan… selamat berjuang!

2 thoughts on “1st Post of 2019

  1. wah, sibuk banget yak cuma bisa baca 8 buku?

    eh, aku inget tips membaca dari Najwa Shihab. katanya dia baca buku tiap habis sholat subuh, kira2 5-10 menit aja. tapi harus beneran dilakuin tiap hari. insyaallah deh jadi rajin dan utang bacaan beres semua 😀

    Like

    • huwaa, iya emang mesti ada waktu yg dirutinkan utk baca, meski sedikit setiap hari ya kak.

      iya, semenyedihkan itu memang tahun lalu.
      semoga hal menyedihkan itu ga terulang di tahun ini. aamiin.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s