[LPM] Diskusi Novel Semua Ikan di Langit

Berkat grup LINE Blogtionship Grasindo, saya tahu kalau ada acara ini. Sedangkan untuk novelnya sendiri, saya sudah pernah lihat satu-dua kali di timeline sosmed teman dan juga di akun IG teman sesama blogger buku. Dengan cap pemenang sayembara novel DKJ 2016, saya makin penasaran untuk baca Semua Ikan di Langit. Dua hari sebelum acara, saya beli buku itu di Gramedia dan mulai membaca halaman-halaman di dalamnya. Meski pada akhirnya juga belum banyak halaman yg dibaca karena kesibukan di kantor. Nekat saja lah, buat ikutan diskusi novelnya. Spoiler juga gapapa deh.

Sepulang dari kantor, saya berangkat sendiri dari pinggiran ke pusat Jakarta. Agak nostalgia karena rasa-rasanya udah lama banget saya ga ke Jakarta bagian pusat. Bertempat di restoran Tjikinii Lima yang cozy, semalam acara ini dimulai jam 7 malam.

kiri ke kanan: Bang Zen Hae, Mba Michelle dan Bang Norman

Obrolan tentang novel Semua Ikan di Langit semalam dipandu oleh mereka bertiga (difoto), sementara Ziggy duduk menyimak di kursi peserta diskusi. Menarik banget karena banyak apresiasi yang keluar dari mereka tentang novel ini. Tentang kejernihan narasi yang dikarang oleh Ziggy, tentang tema religius yang diangkat, hingga dikupas karakterisasi tokoh-tokoh yang ada dalam novel. Seru! Pembicara di acara semalamย fasih banget sama sastra. Ngga kayak saya yang terbata-bata. Meski begitu, saya menikmati banget obrolan yang terjadi semalam. Pesertanya juga antusias, banyak dari mereka yang memang pembaca-pembaca yang mengikuti ziggy dan karyanya.

Ziggy, pengarang Semua Ikan di Langit, mengenakan sweater maroon

Acara berlangsung selama dua jam, kemudian diakhiri dengan peluncuran secara simbolik (secara tanggal terbit, sudah sejak bulan Februari 2017). Ziggy ini ternyata agak pemalu. Di sesi tanya jawab, banyak pertanyaan dari peserta yang disampaikan bwt Ziggy dan dijawab oleh Ziggy dengan bahasa tubuh nervous dan agak malu. Oia, meski proses kreatif novel ini, dikatakan oleh Ziggy lamanya adalah 23tahun (seumurnya kali ya), untuk proses penulisannya sendiri hanya 1 bulan! Karya yang ditulis selama 1 bulan bisa memenangkan sayembara novel tahunan milik DKJ yang bergengsi itu keren banget *thumbs up ^^b

Acara ini diakhiri dengan signing session, and that’s how far I’ll share the event with you here. Karena saya sendiri juga, abis dapet ttd dari Ziggy buat novel Semua Ikan di Langit ini langsung pulang. Hehhe.

However, please grab and read novel Semua Ikan di Langit ini, apalagi kalau kalian sudah pernah baca The Little Prince, A Wrinkle in Time atau memang senang dengan sastra. Bisa sebagai bentuk apresiasi kita juga buat penggiat sastra di Indonesia juga, ya kan?!

Happy reading~ ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s