Hi, I’m a Book Lover

Jadi ceritanya saya ketemu link ini nih, artikel di kolom punya bookriot.com. Dalam artikel itu, si kolumnis, bikin generalisasi semacam ini: A bookworm is a person who compulsively reads books. A book addict is a person who compulsively buys books. Sederhana dan relevan. Tapi ngga bisa seorang pembaca itu disamaratakan cuma ada dua jenis itu aja. Karena derivasi dan penyesuaian kondisionalnya pasti ada.

Saya mau bahas artikel itu dulu ya di postingan ini. Jadi sang kolumnis berbicara tentang dirinya dan kebiasaannya. Enak bacanya, karena keliatan banget sang kolumnis ini berpengalaman banget dalam dunia seorang pembaca buku. Iyalah! Dia aja punya dan masih keeping his reading log! Tulisannya jadi enak dibacanya karena ditariknya dari dirinya sendiri dulu lalu membuat pembaca-nya relate.

Most of us want too much. We want to be rich, beautiful, brilliant and traveled. In reality, we spend more than we earn, eat more than is healthy, play more than we study, and never have enough time to travel. I hunger to read all the buzz-worthy books, but I never feel the impossibility of that goal. There’s a wonderful adage about overeating – “Your eyes are bigger than your stomach.” My friends should remind me every day, “Your library is larger than your life.”

Well, om james (sang kolumnis) bikin pembaca artikel ini (salah satunya saya) bisa relate saat dia mengungkapkan itu. All of it seems like the truths we couldn’t agree more. Buat saya yang bukan seorang penimbun aja, bisa relate tentang dia yang ngga bisa resist kindle deals etc. Siapa sih yang ngga akan tergoda dengan diskonan?

Menarik banget di sini, om James bisa menelusuri tentang ‘penyakit’-nya yang suka menimbun buku. Membuat rationalisasi ini rasionalisasi itu tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan diri dan kebiasaannya. Itu aja menurut saya udah keren. Berarti dia mengenal dirinya, setelah paham dengan yang sebenarnya terjadi dengan dirinya, tinggal keputusan dia apa: go on with being book addict or retreat and make it better.

Kalau saya melihat diri saya di artikel ini tuh sebenarnya ada di line ini: I buy books believing I’ll read them. Kok ya berasa jleb banget pas sampe kalimat itu. Emangnya saya book addict? Ataukah saya ini book hoarder? Bukaan. Saya belum sampe ke level itu kok. Cuma ya kok kalimat itu nyentil saya banget. Nggak hanya perkara beli buku, meminjam buku perpus pun gitu. Saya asik aja bawa pulang 5 buku dengan durasi pinjam 2 minggu. Dengan entengnya saya berpikir bisa lah 2 minggu 5 buku, toh kecepatan saya membaca buku juga lumayan oke. Sampai kemudian negara api, eh, kesibukan menyerang. Rasa-rasanya mudah sekali menyerah, bila badan dan pikiran lelah. Lalu buku-buku yang menunggu untuk dibaca itu tidak tersentuh sampai batas waktu pinjam berakhir. Ujung-ujungnya minta perpanjangan waktu pinjam.

Tapi apakah setelah diperpanjang, semua buku itu bakalan habis dibaca? Well, tergantung. Faktor ini nih yang saya sering lupa: saya tuh bisa baca bukunya cepat kalo jalan cerita buku yang sedang dibaca ya memang asyik diikutinya. Nah gimana kalau ketemu jalan cerita yang sebaliknya? Ya, goodbye. Sampai ketemu di percobaan berikutnya. Wkwkwk.

Sampai ini, kesimpulannya apa bos?

Saya bukan book addict seperti om James, meski saya seneng banget berada di antara buku-buku. Ngga cuma itu, belakangan saya sudah jarang kalap nimbun buku. Paling yaa nimbun gratisan atau nimbun pinjeman #eh. Dan saya belum sampe level bookworm juga. Ngerasa ngga pantas melabeli diri sendiri sebagai bookworm gitu kalo saya-nya juga masih naik turun semangat bacanya. Tapi yang pasti, saya ini seorang book lover. Saya cinta buku. Cinta apa adanya 😉

4 thoughts on “Hi, I’m a Book Lover

Leave a Reply

