[LPM] Grasindo Blogtionship

img_20161127_130623_hdr

Biasanya hari minggu saya diisi dengan latihan memanah. Tapi karena hari jum’at lalu dapat kabar kalau diundang untuk Grasindo Blogtionship, akhirnya saya pilih untuk izin terlebih dahulu dari latihan memanah dan memilih acara ini. Yaah, walaupun di rumah juga sebenarnya sedang acara keluarga sih, jadinya di pagi-nya saya bantu-bantu dulu, baru kemudian meluncur ke Kedai Kopi 89 di Kemang. Yap. Awal resevarsi acara Grasindo Blogstionship ini juga sebenarnya karena tempatnya juga deket sih dari rumah, eh alhamdulillah reservasinya berhasil dan diundang oleh panitianya.
Well, kita lanjut ke acaranya yukπŸ˜‰

Di jadwal, acaranya mulai dari jam 10 pagi hingga jam makan siang. Yes, acara ini sebenarnya jamuan makan siang dari Grasindo untuk para blogger. Untuk acara ini, Grasindo mengundang kang Maman Suherman. Yang namanya sudah familiar cuma saya sendiri baru tahu kalau beliau ini adalah penggiat literasi!


Sharing session dengan kang Maman ini seru banget. Dimoderatori mba Ika Citra yang memperkenalkan bahwa kang Maman ini udah banyak nulis buku, kerja sama dengan buku. Disamping itu kang Maman juga notulen di ILK (Indonesia Lawak Klub) dan jadi pembicara dibanyak tempat khususnya yang berkaitan dengan keberaksaraan.

Seperti saya katakan, sharing session-nya berlangsung seru. Kang Maman sendiri open mind dan easy to talk to. Diskusi yang dibawanya juga enak. Di awal, kang Maman bawa-bawa data UNESCO tentang peringkat melek baca Indonesia yang peringkat ke 60 dari 61 (data 2012). Peringkat 60, meski kalau dari indikator banyaknya perpustakaan di Indonesia, kita peringkat 38. Dan akhirnya sayaΒ paham nih, kalo pembeliaan buku di toko buku itu ngaruh banget. Yaa mungkin peringkat minat baca bakalan naik kalau orang-orang ke toko buku juga keluar dengan belanja buku di sini gw tertohok banget.Β Terus lanjut ke blogging dan menjadi blogger. Kang Maman sebenarnya bukan blogger, tapi paham betul bahwa peluang blogger di era digital ini kuat banget. Kang Maman bilang, dengan kenyataan bahwa jumlah pengguna smartphone di Indonesia sangat banyak hingga Indonesia berada di peringkat atas dengan jumlah pengguna smartphone yang banyak, maka ladang untuk blogger juga masih cerah. Tinggal kultivasinya.

This slideshow requires JavaScript.

Di akhir diskusi, kang Maman memberikan Golden Rules Blogging,Β yakni:

  1. Know your target audience.
  2. Write but stick to your theme
  3. Choose wisely your blog name
  4. Choose you ‘color’ for your blog tag line
  5. Always use image and use your paragraph wisely.
  6. Invest to build your brand (including networking)

Di luar apa yang dibawakan kang Maman, dalam perbincangan kami di pagi menjelang siang tadi, ada yang disampaikan kang Maman dan itu quotable, seperti ini: Baca buku itu menaikkan kualitas diri; Buku itu mengajarkan kerendahhatian, bukan arogansi.

//platform.twitter.com/widgets.js

Ugh. Rasanya apa yang gw sampaikan ini masih kurang dari keasikan diskusi tadi. But at least, I am rewriting it here :peace:

Bertempat di Kedai Kopi 89 yang tempatnya cozy banget, dan jamuan makan siang yang alhamdulillah ngeyangin dan enak, Grasindo Blogtionship ditutup dengan foto bareng.

Moga hubungan blogger dengan Grasindo ini bisa berkesinambungan dan membawa kebermanfaatan buat semua pihak. Thanks banget buat Grasindo yang sudah menjamu dan beritikad baik untuk mengajak para blogger untuk lebih berkembang. Thanks banget juga buat tidbitsnya (4 novel Grasindo dan 2 voucher Scoop!

Warm regards,
Faraziyya

2 thoughts on “[LPM] Grasindo Blogtionship

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s