[Blogtour] Alang

Alang

Jalan seni memang terjal. Meski berbekal tekad yang kuat dan kerja keras, Alang masih terseok-seok untuk menggapai mimpi sebagai musisi. Bapaknya bukanlah tipe penuntut, tapi ia menginginkan anaknya memiliki cita-cita yang membuat hidupnya lebih sejahtera dibanding kehidupannya sekarang.

Bapaknya hanyalah seorang tukang becak dan ibunya berjualan sayur di pasar pagi. Hobi dan cita-cita Alang dianggap Bapak sangat mahal dan tidak menjanjikan. Ada banyak kasus di kampungnya yang memberi contoh bahwa pekerja dan penikmat seni hanyalah pekerjaan tak jelas. Seni tak hanya membuat mereka melarat karena tak bisa memberi penghasilan yang layak, seni bahkan dapat membuat mereka bermasa depan suram hingga generasi berikutnya.

Alang ingin manut, tetapi ia juga tak bisa mengalihkan pikirannya ke selain menjadi seniman. Hanya ada dua pilihan: tinggal dan pergi untuk tak pernah kembali.

Selamat Siang!

Maaf karena sebagai pembuka blogtour, saya malah kesiangan :peace:

Well, it’s an honour untuk menjadi bagian dari blogtour yang mempromosikan novel terbaru milik mba Desi. I knew her for a while and I have no doubt with her writing. Dan bagaimana untuk novel terbaru nya ini? 

Novel ini dibuka dengan pertemuan kembali 3 orang sahabat: Alang, Arif dan April. Ketiganya punya cerita sendiri tentang mimpi. Alang yang tertarik dengan musik, Arif yang paling realistis terhadap masa depan dan April yang cinta menulis syair. Lalu novel ini akan membawa kita ke belakang, ke masa-masa sekolah dari ketiga karakter di atas. Sejak awal, Bapak sudah marah bila Alang dekat-dekat dengan orang yang menyukai seni. Tapi Alang, didukung oleh guru seninya Pak Gun, terus berlatih bermain musik.

Di sisi lain ada April, cewek aneh nan ketus yang suka menulis puisi. April juga punya mimpi, dan bersama Alang, keduanya berjanji untuk terus dan tak akan putus memperjuangkan mimpi mereka masing-masing. Apapun yang terjadi. April besar di keluarga yang tak jauh berbeda dari Alang. Orangtua April, ingin ia menjadi seperti Kartika, kakaknya yang berprestasi. April selalu dibanding-bandingkan dan selalu didorong untuk sukses secara karir -yang perspektifnya sebenarnya relatif namun telah menjadi momok hingga sekarang.

Ketiga bersahabat ini terpisah saat berkuliah. Alang, akhirnya meninggalkan keluarganya ke Jakarta berbekal beasiswa di sebuah sekolah musik dan April akhirnya mengikuti permintaan orangtuanya dan berkuliah di fakultas kedokteran. Kemudian ketiganya punya cerita masing-masing dalam menghadapi kehidupan yang sesungguhnya. Mereka mesti berkompromi dengan kenyataan bahkan sampai harus terbentur kenyataan bahwa karakter mereka berubah sesuai tempaan nasib dan waktu.


Secara penulisan, tidak ada yang saya keluhkan. Rupanya mba Desi semakin mahir bercerita bahkan dalam pengembangan karakter. Saya suka sekali dengan Alang. Ia menghidupkan namanya, yang artinya: tak mudah kalah oleh keadaan. Kisah Alang, tepatnya kisah masa sekolahnya, bisa membuat yang membacanya bertransportasi ke masa remaja yang lugu dan berbumbu kisah romantis yang malu-malu. #ehem

Karakter yang lain, bagaimana? Meski agak kaget karena ada karakter utama yang akhirnya berubah, namun sebagai pembaca saya bisa paham bahwa dalam kehidupan nyata hal tersebut tidak mustahil. Sangat bisa dijadikan pelajaran.

Akhir kata,

“Hidup itu keras. Idealis itu dilakoni dengan tindakan nyata, Bos, tidak hanya berhenti di angan-angan dan omongan.”

Quote dari Arif, karakter paling realistis dalam novel Alang.


blogtour Alang

ps: saya juga akan cerita sedikit dan lebih lagi tentang Alang di twitter saya @faraziyya dan mungkin akan ada postingan lain tentang Alang di blog ini. staytune!

One thought on “[Blogtour] Alang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s