#188 Mr. Penumbra’s 24-hour Bookstore

mr penumbra

The Great Recession has shuffled Clay Jannon away from life as a San Francisco web-design drone and into the aisles of Mr. Penumbra’s 24-Hour Bookstore. But after a few days on the job, Clay discovers that the store is more curious than either its name or its gnomic owner might suggest. The bookstore’s secrets extend far beyond its walls.


Novel ini akan bercerita tentang Clay yang bekerja sebagai penjaga toko buku special Mr. Penumbra’s 24-hour Bookstore. Toko buku yang lebih tepat dibilang misterius. Kenapa? Karena toko buku ini tak hanya klasik tapi juga konservatif. Tak selayaknya toko buku lain. Toko buku yang cukup berumur dan gagap teknologi kecuali perkembangan teknologi yang diperlukan. Tak hanya itu, toko buku jarang dikunjungi pembeli namun memiliki pelanggan setia yang rata-rata adalah orang-orang yang berumur. Pelanggan ini biasanya datang untuk meminjam buku-buku dari rak “waybacklist” di mana buku-bukunya ditulis dalam symbol. Mereka (pelanggan setia toko buku milik Penumbra) adalah anggota Unbroken Spine, di mana Penumbra termasuk anggota senior di dalamnya.

Clay dengan rasa penasaran yang tinggi, akhirnya melanggar aturan untuk tidak menggubris aktifitas peminjaman dari rak waybacklist. Dengan bantuan teman dekatnya yang melek teknologi, dalam waktu singkat, Clay memecahkan teka-teki pertama kelompok Unbroken Spine. Dan hal tersebut ternyata adalah pembuka petualangan yang sesungguhnya, yang lebih besar, yang akan mengelupas misteri kelompok Unbroken Spine.


my thoughtsPernah ngalami book-slump?

Saya? Masih saja belum bisa bangkit sepenuhnya dan belum bisa mendapatkan kembali kecepatan membaca normal di mana biasanya saya bisa menghabiskan sebuah novel paling lama ya dua hari. Guess what? Untuk meghabiskan buku setebal 288 halaman ini saya membutuhkan DUA MINGGU. Da**! It makes me sad and mad at the same time! I just can’t believe myself😦

Bukan salah novel ini saya sampai lama banget gitu ngabisinnya. Novel ini sebenarnya asik untuk diikuti. Pace-nya sebenarnya cepat. Secara novel ini juga bergenre misteri. Dan yang penting lagi, novel ini adalah adventure. Petualangan Clay, bersama Kat dan Neel sebenarnya seru. Dengan background technology yang master banget (Kat di Google dan Neel CeO startup untuk animasi body human) bikin terkaget-kaget dengan perkembangan teknologi yang disebutkan dalam jalan cerita di mana teknologi tersebut akhirnya menunjang petualangan mereka.

The novel is good, I enjoyed it alright. But that’s it and I’m sorry. Maybe it happened that way because I’m not in the right mood. Or maybe mystery is not just for me.

However, saya akan tetap merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh pembaca yang suka dengan buku bertemakan buku. Apalagi buat kamu yang juga techno-geek. Selamat membaca!


Title: Mr. Penumbra's 24-hour Bookstore
Author: Robin sloan
Release Date: September 24th, 2013
Publisher: Atlantic Books
Format: Paperback 
Page Count: 288 pages
Genre: Fiction, Mystery, Fantasy, Books about Books

4 thoughts on “#188 Mr. Penumbra’s 24-hour Bookstore

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s