BBI Effect | Happy Belated Birthday, Bebi!

Happy birthday Bebi

Happy Birthday, Bebi! Moga makin matang dan dedikatif kepada dunia perbukuan Indonesia di usiamu yang menginjak tahun ke-4 ini.

With love, Ziyy :*

Dulu, sebelum negara api menyerang #eh, saya tidak berani menjuluki diri ini sebagai pembaca aktif. Apa lah saya, hanya gandrung membaca karena buku adalah obat kejenuhan dan pelarian dari kehidupan nyata *hihihi. Tapi di tahun 2012, saat saya menjadi bagian dari BBI, saya jadi sibuk membaca. Sibuk mengobrol dan menyimak hal seputar buku. Rasanya bahkan waktu itu saya seperti prematurely becoming a bookish.

My life as a reader before BBI, rasanya biasa aja. Saya baca buku, sudah punya Goodreads dan menulis review juga sudah sering sebenarnya (waktu itu lewat medium Multiply dan blog wp saya yang personal). Semua itu seperti hanya satu arah, tidak banyak teman-teman seperjuangan (pecinta buku) di lingkaran pertemanan saya. Tapi setelah saya bergabung dengan BBI, banyak hal yang terjadi, antara lain:

  • Lahirnya Faraziyya’s Bookshelf.

Iya, lahirnya blog buku ini awalnya semata memenuhi syarat untuk bergabung dengan BBI di mana member diharapkan mengelola blog yang bahasannya hanya berfokus pada buku dan seputar buku. Dan Alhamdulillah, mungkin karena blog ini secara tidak langsung memiliki niche (yakni book things), blog ini lebih banyak lebih terlihat progressnya dan memiliki lebih banyak pengunjung -dan cenderung stabil- dibandingkan blog personal saya. Saya sampai rasanya ingin membuatkan domain untuk blog ini. Semoga saja ada rejeki ya. Aamiin.

  • Ekspansi Genre

Berasa banget, dengan bertemunya banyak bookish di BBI, makin banyak pengetahuan baru tentang ragam bacaan fiksi. Apalah saya, dulu sebelum BBI, saya ini penyuka non-fiksi loh! Hahha. Sekarang, kapasitas membaca non-fiksi direduksi buku-buku fiksi. Genre-genre baru yang saya gandrungi belakangan adalah historical fiction, child-lit middle grade), dan YA. Tetapi, semakin ke sini saya semakin bertekad menjadi eclectic. Entah saya ini haus atau greedy, yang jelas selalu ada dorongan untuk tahu banyak hal, beragam hal.

  • Groaning Bookshelf

Hahahahaha. Mungkin ini perubahan yang umum terjadi pada member-member BBI. Timbunan! Bertemu dengan sesama bookish di mana kita mengobrolkan banyak hal mulai dari diskusi buku, rekomendasi, hingga berbagi info sale membuat bibit tsundoku yang ada dalam diri ini bersemi.

  • Hoarding ebook, too.

Baru di tahun 2013 saya aktif membaca novel-novel berbahasa inggris. Ketidakmampuan saya membeli novel-novel impor sedangkan kesenangan saya terhadap novel-novel luar terus saya menanjak, membuat saya lari ke ebook. Selanjutnya, saya jadi rutin melihat update di mobilism tentang ebook-ebook terbaru apa yang bisa diunduh. Dari situ, koleksi ebook saya menggunung dengan pasti.

  • BBI adalah kumpulan bookish kece

Iya, kalian semua kece abis duhai member BBI. Mulai dari yang bookishnya biasa aja, hingga expert. Mulai dari slow reader hingga fast reader. Beragam profesi tapi semuanya adalah pecinta buku. Ngga cuma itu, ngga cukup dengan menikmati buku tapi banyak juga BBI’ers yang adalah penulis! Kurang kece apa sih kalian itu? I heart you all~❀

  • Masuk ke lingkaran blogger buku mancanegara

Bergabung dengan BBI, ngga cuma membuka pintu ke beragam blog buku kece tapi juga mendorong diri ini untuk blogwalking ke blog-blog luar yang punya perhatian pada perkembangan buku. Menjalin pertemanan dengan beberapa blogger luar atau mungkin hanya menjadi folower setia beberapa blog buku mancanegara, jelas-jelas memperkaya cita rasa bacaan saya.

This much you’ve given to me, how can I ask for more? I wish for you all good prayer, BBI. Once more, Happy Birthday!

3 thoughts on “BBI Effect | Happy Belated Birthday, Bebi!

Leave a Reply

