Mental Health Issues in Young Adult Novels

mental health issues

Hello, Saturday! Hello you!

Feature kedua dari Faraziyya’s Bookshelf untuk Around The Genres: Children Lit & Young Adult, adalah sebuah postingan tentang sentuhan mental health dalam novel-novel YA. Tapi sebelumnya saya mohon maaf sekali. Seharusnya postingan ini terbit kemarin, namun karena satu dan lain hal, jadwalnya molor. peace ^^v

Kalo dilihat dari riwayat bacaan saya, sebenarnya novel-novel YA dengan mental health issues didalamnya, belum banyak banget yang saya baca. Tapi kenapa saya PeDe aja untuk bikin postingan ini? Hehhe. Lebih karena saya tertarik sih dengan topik psikologis macam ini. Pardon me ya kalo referensinya nanti ngga begitu banyakπŸ™‚

Mental Health ..

Kesehatan mental itu ngga kalah penting dibanding kesehatan fisik, hanya seringnya kesehatan mental ini kalah pamor. Sehingga kadang banyak yang awareness-nya kurang bahkan nihil. Padahal, kesehatan mental (bila bermasalah) sama mengkhawatirkannya dengan penyakit lain. Bisa dibilang, di barat sana, setidaknya angka kewaspadaan terhadap penyakit mental lebih baik daripada di sini. Hingga tak heran kalau dalam literatur mereka, sentuhan mental health sudah banyak ditemui.

Mental illness refers to a wide range of mental health conditions β€” disorders that affect your mood, thinking and behavior. Examples of mental illness include depression, anxiety disorders, schizophrenia, eating disorders and addictive behaviors.

Menyebarkan awareness tentang mental illness atau mental health problems lewat bacaan adalah modus dari novel-novel dengan mental health issues di dalamnya. Berhubung YA lebih tentang range peruntukan, maka sasarannya tentu saja kepada remaja. Tentunya agar mereka mengenali bila tanda-tanda gangguan pada kesehatan mental muncul pada diri atau sekitar mereka. Dan novel-novel semacam ini menjamur karena kenyataan bahwa gangguan kesehatan mental presentasenya menuntut perhatian dari banyak pihak.

Collage coverBerikut adalah beberapa novel dengan sentuhan mental health issues

Why do we need to read YA Novels with Mental Health Issues?

Novel-novel YA dengan mental health issues kebanyakan merupakan realistic fiction. Kebanyakan kasusnya diangkat dari realita sekitar dan most likely to happen at near range. Dan dengan membaca novel-novel semacam itu diharapkan awareness kita telah terbangun hingga untuk menangani kasus serupa bisa lebih cepat –ngga ada yang mau kemungkinan terburuk dari gangguan mental menjadi kenyataan kan?. Apalagi kalau usiamu masuk dalam kelompok Young Adult, bukankah pendekatan yang lebih dekat semacam ini yang lebih memberikan impact dalam tindakan kamu nantinya –karena telah sedikit tercerahkan?

Potensi mengalami gangguan mental itu ada dalam diri tiap kita. Karena pada umumnya, triggernya adalah life moments yang tidak mengenakkan dan meninggalkan trauma. Siapa sih yang dalam hidupnya tidak mengalami pengalaman pahit? Nah, kalau bisa menghadapinya, kesehatan mental kita cenderung prima. Sebaliknya, saat kita tidak bisa mengatasinya dan berlarut-larut dalam masa lalu hingga menjadi depresi, itu lah saat kesehatan mental kita terganggu dan butuh untuk diobati. See? Punya awareness tentang mental health issues ngga ngerugiin kan?πŸ™‚

β€œthe pain of severe depression is quite unimaginable to those who have not suffered it, and it kills in many instances because its anguish can no longer be borne. The prevention of many suicides will continue to be hindered until there is a general awareness of the nature of this pain. ” ― William Styron, Darkness Visible: A Memoir of Madness


ps: maaf bila referensi novel-novelnya tak ada yang lokal. hal tersebut semata-mata 
adalah keterbatasan saya. tetap saja saya berharap semoga tulisan ini bermanfaat.

4 thoughts on “Mental Health Issues in Young Adult Novels

  1. Pingback: 13 Days Reading CLYA + Giveaway Winner Announcement! | Faraziyya's Bookshelf

  2. there is this haruki marukami, the infamous norwegian wood. it also consists mental health issue and looking for alaska? the main character’s love interest has mood swing (does it count as mental health?)

    anyway nice blog, ill stick around more

    Like

  3. Pingback: [Monthly Recap] April ’15 | Faraziyya's Bookshelf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s