3 YA Novel in Verse You Should Add To Your TBR List

YA Novel in Verse Recommendations Sudah pada tahu apa itu verse novel?

A verse novel is a type of narrative poetry in which a novel-length narrative is 
told through the medium of poetry rather than prose. Either simple or complex 
stanzaic verse-forms may be used, but there will usually be a large cast, 
multiple voices, dialogue, narration, description, and action in a novelistic 
manner. (wikipedia)

Verse novel itu adalah novel rasa puisi. Hal-hal yang membuat suatu tulisan itu menjadi novel, tetap dipertahankan. Yang beda hanya cara menyampaikannya. Bukan dengan narasi panjang nan detil tetapi dengan bahasa efektif yang dikemas dalam puisi. Words matter, tapi ngga perlu terlalu berat bobotnya karena bisa dirampingkan dengan penggunaan kata-kata yang efektif lagi indah dan tidak kehilangan jalinan cerita. Saya berkenalan dengan novel jenis in verse ini di akhir tahun 2013. Seperti jatuh cinta sejak pandangan pertama, saya selalu punya tempat untuk novel in verse. Bukan hanya karena membaca novel in verse sama dengan membaca keindahan, tapi juga karena biasanya tak memakan banyak halaman hingga terkadang novel in verse bisa jadi solusi saat ngejar target baca. Hehhe #modus ^^v Well, buat yang belum nyoba baca verse novel, nih saya rekomendasikan tiga judul novel YA untuk kalian baca. Dijamin, bakal jatuh cinta! B-)
Inside Out & Back Again by Thanha Lai

As soon as we have an address
Mother writes
all the way to the North
where Father’s brother
anchors down the family line
in their ancestral home.

It’s the first time
Mother has been allowed
to contact anyone in the North
since the country divided.

It’ll be the first time
Father’s brother
learns of his disappearance.

Unless,
Father has sent word
that he’s safe
after all.

I shiver
with hope

~Letter Home. page.97

Sebuah novel untuk range usia middle-grade sih, tapi gapapa dong saya masukin ke golongan YA. Masih masuk kok (meski dini xP) ^^v. Kenapa saya ngotot masukin ke daftar pendek kali ini? Soalnya dengan novel ini lah saya berkenalan dengan istilah verse novel. Lalu, tentang apa kah novel ini? Well, novel mengisahkan Kim Ha dan pengalamannya menjadi pendatang di Amerika. Mulai dari mendungnya nuansa perang vietnam, perjalanan panjang menuju Amerika hingga keluguan Kim Ha dan pengalaman tak begitu mengenakkan menjadi anak baru (sekaligus imigran) di negeri Paman Sam, diceritakan dengan puisi-puisi! Pantes banget novel ini mendapatkan Newbery Honor di tahun 2011.
Karma by Cathy Ostlere

I stuff my scarf 
over my nose 
stuff it in my mouth 
swallow it 
hold myself down 
don’t breathe 
don’t breathe 
if I don’t breathe 
I won’t smell 
I won’t smell 
I won’t smell 
the reek of murder

~don't breathe. page. 138

Sama seperti Inside Out and Back Again yang merupakan historical-fiction (genre favorit saya), novel ini pun. Novel ini mengambil setting salah satu peristiwa bersejarah di India. Menggambarkan kehidupan Maya (karakter utama) yang sebenarnya masih berkabung atas kematian sang Ibu namun terjebak di tengah kerusuhan hingga terombang-ambing kehilangan sang Ayah ditengah kekacauan yang terjadi. Tapi novel ini juga menyajikan romansa anak muda, yang terjadi antara Maya dan Sandeep. Lebih kerennya, novel ini digarap oleh seorang Canadian! Terinspirasi dari pejalanannya ke India di tahun 1984. So you, who love to see diversity in YA novel and also love reading poetry, should try to read Karma.
The Day BeforeThe Day Before by Lisa Schroeder

As we head west,
the sun begins to rise
behind us,
turning the sky
sweet shades
of pink and orange.

The sky makes me think
of my mother.

When, as a curious five-year-old, 
I asked her
why she chose my name,
she explained
Amber means “sky”
in another language.

“You, sweetheart,”
she told me,
“you are my sky.”

I remember her answer
because I didn’t know
what it meant
to be someone’s sky.

As I stare out at
the body of blueness
splashed with orange,
pink, and white streaks,
so magnificent
I want to tuck the entire
masterpiece into my bag
and keep it forever,

            I finally understand.

~there is only one sky. page. 21

Adalah sebuah novel kontemporari yang menceritakan kisah Amber dan Cade yang saling menemukan di saat keduanya hampir menyerah terhadap kehidupan yang terasa tak adil bagi keduanya. Asli, novel ini indah banget. Dibacanya pun ngga sulit, bahasanya sederhana namun sarat emosi. Secara cerita, kisah Amber dan Cade ini heart-breaking. Karakterisasinya matang, Lisa Schroeder makes us reader can’t help but rooting Amber & Cade. This verse novel really didn’t lack anything that general novel had in them.


So, that’s it from me. I’ll be happy if you’d consider this recommendation😉 Happy reading!

7 thoughts on “3 YA Novel in Verse You Should Add To Your TBR List

  1. Apakah verse novel itu versi lebih panjang (& kompleks) dr narrative poetry? Kalo NP, aku baru pernah coba yg pendek2 macam The Raven nya Poe, The Hunting of the Snark nya Carroll. Kalo VN, mungkin Out of the Dust nya Karen Hesse masuk kali ya? Aku belum familiar dgn istilah ini sih waktu baca.

    Like

    • kalo menurutku ka, narrative poetry itu jatohnya tetep poetry. sedangkan VN adalah novel, karena memang VN adalah sebuah fiksi yang punya plot, ada klimaks dan anti-klimaks dan elemen novel lain. narasinya aja yang pake pendekatan puisi.

      iyaa, Out of the Dust masuk VN ka.

      Like

    • iya, bener bgt. Ellen Hopkins emg novel2nya verse. sayangnya aku belum sempet baca karyanya sebelum ngepost tulisan ini. hehhe. Tapi Lisa Schroeder kyk urutan kedua setelah Ellen Hopkins yg produktif di novel in verse for teens.

      Like

  2. Pingback: 13 Days Reading CLYA + Giveaway Winner Announcement! | Faraziyya's Bookshelf

  3. Pingback: [Monthly Recap] April ’15 | Faraziyya's Bookshelf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s