Children & Young Adult Literature Talks

CL-YA Blogtour

Mudahnya, Children’s Literature didefinisikan sebagai literatur untuk dibaca anak-anak hingga usia 12 tahun, terkadang dibalut dalam format berilustrasi. Sehingga lebih tepat bila Children’s Lit dilihat sebagai klasifikasi bacaan berdasarkan objek/target bacaan. Lalu, selama peruntukan sebuah literatur adalah anak-anak, maka buku tersebut masuk ke dalam Children’s Lit dan jenis genrenya bisa lebih luas. Oleh karena itu, di dalam Children’s Lit nanti, kita akan mendapati sub-sub lain semacam children’s classic, picture books, fantasy, fairy tales, folk tales, fables, etc.

Young Adult pun tak jauh berbeda, genre ini akan lebih tepat bila dikatakan sebagai klasifikasi bacaan berdasaran objek/target karena literatur yang dilabeli YA umumnya diperuntukkan bagi anak/remaja usia 12 hingga 18 tahun. Selain itu, dalam novel-novel YA, kisah yang diangkat merupakan kisah dengan tokoh utama dalam range usia tersebut dan sebagian besar membahas pubertas, tantangan menjadi remaja, hingga pencarian jati diri. Berhubung YA adalah masalah usia (juga), novel-novel YA juga menggandeng genre dengan luas. Namun, dalam kesempatan ini, grup kami (CL/YA for 30 Days Around Genres) membatasi permbahasan di seputar CL/YA Contemporary.

Tanpa berpanjang-lebar lagi, berikut adalah topik-topik dalam CL/YA yang akan kami bahas mulai tanggal 2 s.d 13 April 2015. Catat ya! (atau bookmark aja deh postingan iniπŸ˜‰ ). Jangan lupa untuk berpartisipasi!

time table blog tour

See you aroundπŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s