Perihal Alur Cerita

Banner_OpiniBareng2015-300x187Hello, everyoneπŸ™‚

Sebelum Maret menjejaki hari-hari terakhirnya dan mumpung saya sedang ingatπŸ˜› , mari berbincang sedikit tentang Alur Cerita.

Alur cerita adalah pergerakan cerita dari waktu ke waktu, atau rangkaian peristiwa demi peristiwa dari awal sampai akhir cerita. Berdasarkan definisi tersebut, setidaknya ada tiga jenis alur cerita, yakni: alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Alur maju, bergerak progresif. Cerita melaju secara runut. Sedang pada alur mundur, permulaan kisah justru adalah bagian akhir/tengah cerita dan pada alur mundur ini, pembaca diajak menyorot balik untuk tahu apa yang sebenarnya terjadi. Terakhir, alur campuran merupakan kombinasi keduanya. Dengan 6 unsur penyusun plot, urutannya diganti dan disesuaikan kehendak penulis.

Nah, kamu lebih suka yang mana?

Kalo saya sih yang mana aja. Hehehhe. Nggak milih-milih kalo soal alur cerita. Mengapa? Karena alur cerita bukanlah prioritas saya. Yang penting premisnya, if it sounds good then however it goes, will do. Tapi sih, kalau ditanya lebih sering mendapati alur jenis apa, kayaknya sih progresif dan campuran. Sedang alur mundur yang total banget itu.. kayaknya jarang. Kayak misalnya Looking for Alaska, yang menurut saya adalah campuran (meski sepertinya novel itu menggunakan alur flashback). Bagian pertama novel menggunakan alur mundur, lalu sisanya menggunakan alur maju *cmiiw.

Meski saya bilang kalo saya ngga begitu pemilih, kecenderungan suka sih tetap ada. Nah, saya cenderung suka dengan alur yang progresif. Seperti diajak mendaki soalnya, apalagi kalo plot-building & character development-nya apik, demen banget saya!

4 thoughts on “Perihal Alur Cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s