Perihal Karakter Tokoh Utama

Banner_OpiniBareng2015-300x187

Lagi, saya menunaikan tulisan untuk opini bareng di ujung bulan. Hehhe. Sorry! Niatnya sih dibuat kamis lalu, dan jum’atnya dilanjut dengan posbar. Realisasinya? Nihil. Ngga ada postingan terbaru, baik itu di hari Kamis ataupun kemarin. :peace

Eniwei, langsung ke tema aja deh. Opini bareng bulan Februari ini, Bebi meminta BBIers untuk sharing tentang karakter tokoh utama. Well, mari mengerucutkannya jadi karakter yang disukai dari karakter utama.

So far, kayaknya saya banyakan baca buku yang karakter utamanya wanita. Jadi, pertama, saya akan sharing tentang karakter tokoh utama wanita alias Heroine.

Yay:

  • Relatable life-issue. Sebagai pembaca, kita bisa jatuh cinta dengan karakter utama yang kayaknya our hopeful version. Tapi kita juga sangat bisa untuk jatuh cinta dengan karakter yang punya issue yang sama dengan kita. Rasanya bisa relate ke jalan cerita dan karakter utama ini terasa dekat. Ex: Jesse (One Plus One – Jojo Moyes)
  • Unique. Boleh jadi sang heroine bukanlah Mary Sue, tapi dia punya satu keunikan yang membuatnya ngga gampang dilupakan. Ex:
  • Tough but also vurnerable. Ini penting banget, saya suka kalo heroine dari novel yang saya baca itu tough, tapi dia ngga serta merta punya hati baja yang ngga punya celah untuk jadi lemah. No. Justru vurnerable touch itu kadang adalah penyempurna sehingga character development yang dialami sang heroine dalam cerita tersebut jadi relevan. Ex: Ra (Bulan Nararya – Sinta Yudisia)

Nay:

  • Bad-ass. Saya ngga gitu suka bad-ass female. Apalagi yang all-knowing dan stubborn, misal: Clarke (The 100)
  • Whiny. A total Nay. Biasanya, novel yang punya heroine whiny, terancam berakhir dengan status DNF.
  • Spoiled girl, as if she’s the princess

Saya ngga neko-neko tentang karakter heroine yang saya temuin, kan?πŸ˜€ Nah untuk karakter Hero:

Yay:

  • Good Guy. Maybe it’s too general, but my hero should be a good guy. It could be explicit or otherwise, the important thing is it’d shown somewhere in the story. Ex: Marko (Saga -Graphic Novel)
  • Wallflower. Ex: Charlie (The Perks of Being a Wallflower). He might be a mess, but who won’t fall for him?
  • Smart and Witty. Ex: Ryan Dean (Winger) and Finn (100 Sideways Miles)

Nay:

  • Player
  • Douche bag

Nah begitulah kira-kira selera saya menyangkut karakter tokoh utama. Kalau kamu?

3 thoughts on “Perihal Karakter Tokoh Utama

  1. Pingback: [Monthly Recap] February ’15 | Faraziyya's Bookshelf

Leave a Reply

