#145 Blue Romance

Title: Blue Romance
Author: Sheva Thalia
Release Date: October 2012
Format: Paperback
Page Count: 224 pages
Status: Read on November 6, 2014
Genre: Contemporary Romance


Adalah sebuah omnibus novel. Di mana terdapat 7 kisah berbeda tapi memiliki satu hal yang mengikat mereka, tentu saja dalam novel ini, adalah sebuah kafe bernama Blue Romance. Sebuah kafe (rekaan) cozy dan homy serta buka 24 jam yang berada di kawasan Cikini.

Kisah pertama adalah tentang gadis melakonlis penikmat affogato yang akhirnya membuka dirinya kembali terhadap kejutan. Kemudian, penulis mengajak pembaca kepada reuni dua sahabat penyuka mochacinno. Di kisah berikutnya, pembaca beranjak mengenal salah satu barista di kafe Blue Romance dengan kisahnya tentang ayah dan secangkir cafe latte.

Itu baru hint untuk tiga kisah, masih ada empat kisah cinta lain yang tersuguhkan bersama Americano, Caffee Machiatto, Coffee & Cream, dan Espresso. Ya, akan sedap membaca novel ini di kafe sambil menyesap minuman kopi favoritmu.

Untuk sebuah debut, novel ini bagus. Narasinya mengalir, enak dibaca. Meski kalau buat saya kisah pertama temponya lambat karena di kisah pertama penulis fokus pada detil. Masuk kisah kedua, kita diajak bernostalgia dengan Lupus yang populer di akhir 90an. Tapi mulai kisah ketiga lah, saya menyukai novel ini. Kisah yang berjudul Blue Moon yang mengisahkan Edi, barista Blue Romance, yang kangen ayahnya.

Dan dari empat kisah terakhir, dua di antaranya masuk dalam kelompok favorit menyusul Blue Moon, adalah: A Farewell to Dream dan Happy Days. A Farewell to Dream berkisah tentang seorang laki-laki yang mencintai sahabatnya dan Happy Days tentang seorang wanita yang merelakan lelaki yang dicintainya untuk orang terpenting dalam hidupnya meski ia dikhianati.

Yang menjadi poin plus novel ini adalah referensi yang kaya dan bagi sebagian orang, tidak asing. Seperti Eternal Sunshine of the Spotless Mind dalam Happy Days, misalnya. Atau Kafka On the Shore karya Haruki Murakami dan Matilda karya Roald Dahl disebutkan dalam novel. Lewat referensi tersebut sebenarnya memasukkan bagian dari dirinya ke dalam cerita rekaan yang ia buat. Hal yang banyak dilakukan penulis, apalagi dalam novel debut. No wonder.

*You Could Be Happy by Snow Patrol adalah salah satu referensi lagu dalam novel

One thought on “#145 Blue Romance

  1. Pingback: Movie: My Blueberry Nights (2007) | Faraziyya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s