#91 American Born Chinese

American Born Chinese | Gene Luen Yang | CBR format, 242 pages | Published September 5th, 2006 by First Second | Literary Awards: National Book Award Nominee for Young People’s Literature (2006), Printz Award (2007), ALA’s Top Ten Best Books for Young Adults (2007), James Cook Book Award Nominee (2007), Will Eisner Comic Industry Awards for Best Graphic Album – New (2007) |

4-star-rating

American Born Chinese tells the story of three apparently unrelated characters: Jin Wang, who moves to a new neighborhood with his family only to discover that he’s the only Chinese-American student at his new school; the powerful Monkey King, subject of one of the oldest and greatest Chinese fables; and Chin-Kee, a personification of the ultimate negative Chinese stereotype, who is ruining his cousin Danny’s life with his yearly visits. Their lives and stories come together with an unexpected twist in this action-packed modern fable.

~~~

Dengan 3 cerita yang paralel, Gene Luen Yang menghadirkan kisah seorang keturunan China kelahiran Amerika bernama Jin Wang. Di sekolahnya yang baru, ia adalah satu-satunya chinese-american. Anak Asia lain di sekolahnya, berasal dari Jepang, namanya Suzy Nakamura. Tapi mereka harus saling menjauh, karena kebersamaan mereka yang sama-sama Asia malah akan jadi bahan bully. Dua bulan kemudian, datang anak asia lain. Namanya Wei-Chen, berasal dari Taiwan. Meski ogah-ogahan meladeni Wei-Chen, Jin Wang akhirnya berteman dengannya.

Saat Jin Wang kelas 7, ia menyadari bahwa ia mulai merasakan ketertarikan pada lawan jenis. Dan wanita yang disukainya saat itu adalah Amelia Harris. Dengan bantuan Wei-Chan, Jin Wang mendekati Amelia. Wei-Chan sendiri saat itu sudah berpacaran dengan Suzy Nakamura. Pendekatan pertama Jin Wang berhasil. Hanya saja kemudian muncul Greg. Teman baik Amelia. Greg meminta Jin Wang mundur, karena Greg merasa Jin Wang tidak cukup baik untuk Amelia. Well, kita bisa menebaknya. Karena Jin Wang adalah chinese.

Jin Wang terganggu fokusnya dan kepikiran hal itu terus. Saat pulang sekolah, ia bertemu Suzy Nakamura yang terlihat down. Di hadapan Jin, Suzy menangis. Entah karena impuls apa, Jin malah mencium Suzy. Padahal ia tahu bahwa Suzy adalah pacar Wei-Chen. Alhasil yang ia dapatkan adalah pukulan di pipinya. Sore itu Wei-Chen datang ke rumah Jin dan mereka bertengkar. Satu pukulan tambahan di wajahnya. Anehnya, malam itu Jin bermimpi hal yang ganjil. Ia bermimpi bertranformasi menjadi seorang kulit putih. Sejak saat itu ia memanggil dirinya, Danny.

Tak berhenti di situ, setiap tahun di tahun-tahun kemudian, Danny selalu dapat kunjungan dari sepupu cina-nya yang bernama Chin-Kee. Dan Chin-Kee selalu membuat hari-hari Danny berantakan. Danny sebenarnya tidak ingat, darimana ia bisa memiliki sepupu bernama Chin-Kee ini. Chin-Kee seperti tiba-tiba muncul sejak Jin Wang menjadi seorang Danny. Ayo tebak, siapa Chin-Kee? Kira-kira ada hubungannya dengan Wei-Chen ga ya? Terus kan di sinopsis goodreads disebutkan bahwa di novel grafis ini juga terdapat fabel kera sakti. Mungkinkah fabel kera sakti itu punya andil dalam kisah Jin-Wang/Danny?

~~~

American Born Chinese bertema krisis identitas. Jin Wang adalah orang Amerika, hanya saya ia keturunan Chinese. Hal tersebut membayangi Jin Wang karena ia lebih mendapat perlakuan sebagai orang luar dengan kenyataan fisiknya yang chinese daripada kenyataan bahwa ia sebenarnya sama dengan teman-teman lainnya: lahir di Amerika dan warga Amerika.

He’s fed up. Deep in his heart he want to be someone else. And, Boom! His silent wish was granted and he became Danny. But, is that really what he need? Being someone else, physically transformed, for all his worry vanished? With Chin-Kee’s sudden presence, what can Danny/Jin Wang learn?

Secara grafis-nya, skecth dan coloringnya bagus. Coba nih, diintip. Saya kasih excerpt-nya.

This slideshow requires JavaScript.

Secara cerita juga kayak baca novel aja, cuma dengan waktu yang lebih singkat. Makanya disebut grahic novel, ziyy -.-a

Pesan moralnya sih, sederhananya: Accept who you are, and the world would seem better in your eyes. Tapi kalo kata Tze-Yo-Tzuh sih begini:

UntitledHahha! Stop your foolishness and just be who you are!πŸ˜›

Postingan ini diikutsertakan Baca Bareng BBI Bulan November 2013; buku dengan genre Graphic Novel.

9 thoughts on “#91 American Born Chinese

  1. issue tentang identitas ini emang selalu seru untuk dibahas apalagi dengan setting amerika yang bener2 jadi melting potπŸ™‚ aku punya temen beberapa ABC (american born chinese) ini dan emang kisah2 mereka kayanya pas buat jadi novel hahaha…jd penasaran nih ziyyπŸ™‚

    Like

  2. Pingback: [Monthly Recap] November | Faraziyya's Bookshelf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s