#89 Messenger (The Giver Quartet #3)

Messenger (The Giver Quartet #3) | Lois Lowry | ebook, 112 pages | Published September 25th, 2012 by HMH Books for Young Readers |

5-star_rating_system_pcar_01-e1349540653866

For the past six years, Matty has lived in Village and flourished under the guidance of Seer, a blind man, known for his special sight. Village was a place that welcomed newcomers, but something sinister has seeped into Village and the people have voted to close it to outsiders. Matty has been invaluable as a messenger. Now he must make one last journey through the treacherous forest with his only weapon, a power he unexpectedly discovers within himself

~

Matt meninggalkan tempat tinggalnya dan ikut bersama ayah Kira yang buta, Seer, untuk hidup di Village. Komunitas yang dibangun dengan prinsip selflessness dan selalu terbuka bagi pendatang baru yang membutuhkan pertolongan. Bertahun-tahun kemudian, Matt yang degil; nakal; liar, tumbuh menjadi pemuda yang bisa diandalkan menjadi pengantar pesan dan kini ia dipanggil Matty.

Oia, Village adalah tempat di mana Jonas (dari buku pertama) juga tinggal setelah lari dari community bersama Gabriel. Di Village, Jonas menjadi Leader karena kebijaksanaannya. Di samping itu, ia masih memiliki kemampuan spesialnya seeing beyond. Matty pun akhirnya menyadari bahwa ia memiliki kemampuan spesial. Saat pertama ia menyadarinya, adalah saat ia berjalan ke hutan dan menemui seekor katak yang terluka dan tak bisa melompat. Dengan tangannya menyentuh katak, katak tersebut sembuh dan bisa kembali melompat. Hal ini dirahasiakannya, karena ia sendiri merasa tidak yakin. Tapi kemudian, kejadian kedua meyakinkannya. Di kali kedua ini, ia menyembuhkan dua ekor anjing yang hampir mati.

Sementara itu, ketenangan Village terusik. Banyak penduduk yang menuntut gerbang Village ditutup agar tidak ada lagi pendatang yang masuk. Alasan mereka adalah ketersediaan makanan yang semakin sedikit seiring dengan semakin banyaknya penduduk. Yang mengejutkan adalah, protes ini dipimpin oleh Mentor. Guru di sekolah yang ada di Village. Tindakan seperti itu, sangat berlainan dengan perangai baik Mentor yang Matty tahu. Selain itu, terjadi perubahan spesifik pada tubuh Mentor di mana Mentor jadi terlihat lebih muda, tegap dan bekas luka di wajahnya hilang. Jean, anak perempuan sang Mentor yang disukai Matty, berkata kepadanya bahwa ayahnya telah melakukan pertukaran dengan Trademaster. A worse trading …

Keputusan menutup gerbang Village akhirnya tidak bisa terelakkan dan dalam 3 minggu, dibangun benteng yang akan memisahkan Village dari dunia luar dan pendatang baru. Di saat yang bersamaan, atmosfer kegelapan semakin menyelubungi Village dan hutan. Seer, meminta Matty untuk menjemput Kira sebelum Village tertutup untuk pendatang baru selamanya. Hanya 3 minggu yang dimiliki Matty untuk menjemput dan membawa Kira ke Village. Dan pada 3 minggu tersebut, Hutan dan kekuatan hitam yang hendak merenggut ketenangan Village bersiap menggagalkan rencana Matty.

~

Senang rasanya melihat Matt tumbuh menjadi lelaki yang sangat bisa diandalkan, padahal dulu ia sangat degil. Lalu di sini saya melihat kembali Jonas. Di Village, ternyata Jonas terus menjadi orang yang spesial. Jonas dengan mata biru pucat miliknya, semakin matang. Eh, tapi buku ini tentang Matty dan kehadiran villain bernama Trademaster. Villain yang dengan trik pertukarannya mengelabui penduduk Village dan mengambil jiwa mereka.

Di buku ini, Lowry menyimpan yang terbaik dari cerita di bagian akhir buku. Triknya ini sukses bikin saya demen banget sama buku ini lebih dari buku pertama. Karena sosok Matty dan bagaimana ia menggunakan kemampuan spesialnya sebagai Healer untuk mengembalikan Village dan penduduknya kepada ketenangan semula sebelum kedatangan Trademaster. Matty appear as hero for Village, and definitely a handsome hero for me.

In the distance, the sound of keening begin …

I miss Matty alreadyπŸ˜₯

4 thoughts on “#89 Messenger (The Giver Quartet #3)

  1. Pingback: Telling Tuesday (11/19) | Faraziyya's Bookshelf

  2. Pingback: [Monthly Recap] November | Faraziyya's Bookshelf

  3. Pingback: Book Kaleidoscope 2013 – Day 1: Top Five Book Boy Friends | Faraziyya's Bookshelf

  4. Pingback: Faraziyya's Bookshelf | 2013 Reading Challenge Books In English: Wrap Up Post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s