#85 Percy Jackson and The Lightning Thief: The Graphic Novel

The Lightning Thief The Graphic Novel (Percy Jackson and The Olympians: The Graphic Novel #1) | Rick Riordan (Original Author of Percy Jackson and The Olympians Series); Adapted by Robert Venditti; Art by Attila Futaki; Colour by Jose Villarrubia | 128 pages | Published November 4th, 2010 by Puffin |

4-star-rating

Look, I didn’t want to be half-blood. I never asked to be the son of a greek god.

I was just a normal kid, going to school, playing basketball, skateboarding. The usual. Until i accidently vaporized my maths teacher. That’s when things really started going wrong. Now i spend my time fighting with swords, battling monsters with my friends and generally trying to stay alive.

This is the one where Zeus, God of the sky, think i’ve stolen his lightning bolt – and making Zeus angry is a very bad idea.

~

Pertama-tama, saya mau kasih tahu kalau sejujurnya saya belum pernah membaca serial Percy Jackson and The Olympians. Sama sekali. Yang saya tahu tentang cerita Percy Jackson hanya berasal dari film adaptasi yang dibintangi Logan Lerman yang sudah ditayangkan di channel tv nasional.

~

Percy Jackson adalah putra Poseidon, sang dewa laut. Yang lahir justru saat seharusnya tidak terlahir lagi manusia-setengah dewa karena 3 dewa utama (Zeus, Poseidon dan Hades) membuat kesepakatan demikian untuk menghindari kekacauan di bumi. Percy ngga tahu identitasnya yang ini, meski sebenarnya ‘penjaga’nya selalu berada disampingnya. Hingga suatu saat ia menghadapi kejanggalan dan mesti melawan guru matematikanya yang berubah wujud menjadi monster. Paska kejadian itu, Grover -sahabat Percy yang ternyata adalah seorang satyr yang menjaganya selama ini- dan ibunya, membawa Percy ke sebuah tempat yang merupakan kemah berkumpulnya manusia-manusia setengah dewa. Di sana, ia menemui Mr. Brunner -selama ini menyamar sebagai guru sejarahnya- dalam rupa centaurus yang dipanggil Chiron dan merupakan kepala kemah dan pelatih kumpulan manusia-manusia setengah dewa.

I am sorry you were born. I have brought you a Hero’s fate. And a Hero’s fate is never anything but tragic. -Poseidon

Percy berada di kemah manusia setengah dewa tersebut bukan tanpa alasan, melainkan dengan sebuah ‘takdir’. Percy dituduh sebagai pencuri petir milik Zeus. Dengan posisinya sebagai putra Poseidon dan luka lama perseteruan dewa utama yang terkuak, ancaman sesungguhnya harus dicegah Percy adalah perang antar dewa. Untuk itu Percy, ditemani Grover dan Annabeth (putri dewi Athena), perlu melakukan perjalanan mengambil kembali petir Zeus yang dicuri yang disinyalir berada di underworld tempat dewa Hades berada untuk kemudian petir tersebut dikembalikan kepada Dewa Zeus. Tapi siapakah sesungguhnya di balik pencurian petir Zeus? Apa yang dikehendaki dari perang antar dewa?

~

Sebelum lanjut, ini ada excerpt dari graphic novel The Lightning Thief:

This slideshow requires JavaScript.

Kalo secara art-nya, saya cukup suka. Coloring-nya juga bagus. Secara konten, adaptasinya, rapi. Ringkas kan mesti ya, tapi ngga menghilangkan esensi cerita. Soalnya dari baca graphic novel ini aja, isi novel yang aslinya versi Rick Riordan bisa tersampaikan ke saya. Walau yah tetep, versi buku pasti lebih punya kelebihan yang ngga bisa ditandingi dengan adaptasi film atau adaptasi grafisnya. Still, i thought this one was better than movie adaptation.

Saya ngga tahu banyak tentang mitologi Yunani. Jadi secara cerita, kisahnya Percy Jackson ini saya konsumsi seadanya. Ada yang pengen dikritisi, tapi lebih ke konsep dewa-dewanya Yunani. I know, i know, is shouldn’t so i just keep it zipped on my mind.

Secara karakter, lebih dari Percy, saya suka Grover si satyr yang berwujud manusia setelah kambing. Keberadaan dia yang bertugas sebagai penjaga para manusia setengah dewa dan lamanya waktu ia melakoni tugas tersebut menggambarkan loyalitas yang menurut saya adorable.

Oh iya, tentang graphic novel sendiri, saya merasakan manfaatnya sekali. Bisa dibilang untuk selanjutnya graphic novel (khususnya yang merupakan adaptasi dari karya-karya famous) berperan sebagai shortcut buat saya mengkonsumsi cerita-cerita yang sudah terkenal itu dalam versi padat dan bisa dihabiskan dalam waktu singkat. Bagaimana pun ya, kuotasi so many books so little time itu bener banget. Jadi kenapa ngga mencoba graphic novel adaptasi sebagai cara untuk mengkonsumsi buku yang mungkin belum bisa kita baca karena tidak punya banyak waktu? Hehhe🙂

2 thoughts on “#85 Percy Jackson and The Lightning Thief: The Graphic Novel

  1. Pingback: Telling Tuesday (11/19) | Faraziyya's Bookshelf

  2. Pingback: [Monthly Recap] November | Faraziyya's Bookshelf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s