[Info] Perpumda Jakarta

Jadi alhamdulillah siang tadi saya punya kesempatan untuk bisa mampir lagi ke Perpumda yang terletak di Kuningan – Jakarta Selatan. Have you guys went there, for once? If you haven’t, i’d like to share to you what’s in this library; what it’s look like.

Perpumda (Perpustakaan Umum Daerah) Jakarta ini terletak di Kuningan, Jakarta Selatan. Tepatnya mengisi lantai 7-8 Gedung Nyi Ageng Serang, Jl. H. R. Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan. Untuk sampai ke sana, kamu bisa menaiki traansportasi umum yang melewati Rasuna Said. Kalau saya sih biasanya naik Transjakarta (koridor 6) dan turun di halte GOR Soemantri atau naik Kopaja P.20.

Sebenarnya saya sudah mengenal perpumda ini sejak saya masih berseragam putih abu-abu, sejak sekitar tahun akhir 2006. Sejak saat itu saya sering bolak-balik ke sana, biasanya di hari terakhir ujian saya akan mampir ke sana untuk refreshing. Saat itu saya aktif kira-kira sampai 2009. Lalu saya baru aktif lagi, memperbarui keanggotaan saya di perpumda ini sejak awal 2013. Banyak sekali perubahan yang terjadi, lebih tepatnya sih kemajuan. Semakin ke sini perpumda semakin nyaman, dan bikin betah pengunjung. Yap, tempatnya bagus, setiap anggota bisa menikmati akses internet selama 30menit di komputer yang disediakan dan koleksi bukunya pun banyak. Bahkan belakangan juga novel impor banyak dan jadi koleksi perpustakaan. Saya baca Divergent versi bahasa inggris itu ya dari sana.

This-is how the front door looks like. Sebelum mesin registrasi ini, di sebelah kanan, ada barisan loker yang disediakan untuk pengunjung untuk menyimpan barang bawaan. Untuk masuk ke dalam, kita hanya diperkenakan membawa barang-barang berharga, buku catatan/alat tulis, dan laptop. Sebisa mungkin jangan membawa ke dalam buku bacaan yang kamu bawa di tas. Lalu, silahkan kamu mengisi data di mesin registrasi. Kalau kamu sudah jadi anggota perpustakaan, tinggal masukkan nomor anggota / mendekatkan bagian barcode kartu anggota ke scanner yang ada di bagian bawah mesin.

2013-11-06 14.36.17

Setelah front door, kamu akan berhadapan dengan desk peminjaman/pengembalian buku dan di desk tersebut juga kamu bisa menukarkan tanda pengenalmu dengan kunci loker. Sebelah kiri tepat setelah front door, ada desk pendaftaran anggota, masuk lebih dalam ke sebelah kiri ada jalan menuju toilet dan musholla sedangkan masuk ke sebelah kanan kamu akan menemukan ruangan khusus pengunjung anak-anak. Yap, pengunjung anak-anak punya ruangan yang terpisah yang didesain juga sebagai tempat bermain.

Setelah front door, kamu bisa belok kanan untuk masuk ke ruang utama perpustakaan. Kurang lebih akan terlihat seperti ini:

2013-11-06 14.57.08

Haduh tapi maaf ini saya motonya dari bagian dalam, bukan dari front-door -.-

2013-11-06 14.44.07

Foto ini juga diambil dari dalam, dari rak bagian novel.

Seperti saya sebutkan, ini saya memfoto dari dalam, rak bagian novel. Sedangkan untuk buku-buku text-book; nonfiksi; agama; sosial; psikologi; entrepeneur/bisnis; sastra; ada di rak-rak di ujung tuh (coba lihat dari foto pertama ya). Lalu, tidak jauh dari rak bagian novel, tergelar karpet dan sofa di sudut. Terlihat seperti di bawah ini:

2013-11-06 14.43.51

Space beralas karpet ini tadinya dilengkapi fasilitas audiovisual bagi pengunjung.

Sebetulnya, space itu beralas karpet itu tadinya tempat untuk fasilitas audiovisual. Bagian dinding yang di foto terlihat ditutupi peta besar itu (jelas kan), tadinya tertutup layar putih. Di meja di belakang sofa krem itu (tadinya) terdapat proyektor dan pemutar cd/dvd. Entah karena alasan apa, space audiovisual tersebut dihilangkan dan dibuka.

Guys, saya kepingin cerita lebih banyak dan memberikan foto-foto yang lebih bagus dari yang sudah saya lampirkan di atas. Sayang tadi saya buru-buru dan hanya sebentar banget di sana, cuma kurang lebih setengah jam -.-a. Terus juga saya masih belum ngasih tau lebih banyak dan foto dari ruang khusus untuk pengunjung anak dan rak-rak bagian nonfiksi. Semoga saya bisa segera mampir ke sana lagi dan melanjutkan berbagi info tentang perpumda jakarta ini. So, to be continueπŸ™‚

5 thoughts on “[Info] Perpumda Jakarta

  1. Pingback: Daily Prompt: Google and Rescue Operation | Faraziyya

Leave a Reply

