Wishful Wednesday #23

Welcome, Wednesday!

Minggu ini, atau rabu ini, saya ngga expect buku apa-apa. Apa karena ngga ngikutin kabar buku-buku baru? Entahlah, not exactly. Lalu, apa saya punya wishlist minggu ini? Oh ada, tetep. Buku itu adalah novel terakhir Marah Rusli yang berjudul Memang Jodoh.

Novel Terakhir dari Penulis Sitti Nurbaya, Marah Rusli.

Hamli tak pernah mengira, keputusannya untuk menerima beasiswa pemerintah Belanda demi melanjutkan sekolah ditentang oleh orangtuanya. Orangtua yang justru dia harapkan akan mendukung sepenuh hati. Namun, adat Minang yang mengikat erat ternyata membelenggu cita-citanya.

Hamli pun kemudian memutuskan untuk melanggar adat, merantau demi ilmu. Dan ketika dalam perantauan dia bertemu dengan mojang Priangan yang menawan hatinya, pilihan getir terpaksa harus diambil. Hamli rela “dibuang” oleh adat dan orangtua demi cintanya.

Kisah semiautobiografi Marah Rusli ini adalah salah satu karya klasik yang hilang dari ranah sastra Indonesia. Siapa mengira bahwa sang sastrawan besar, Marah Rusli, menyimpan kisah cinta yang sedemikian menyentuh dan abadi? Melalui Memang Jodoh, Marah Rusli sekali lagi mempersembahkan sebuah warisan berharga bagi dunia sastra Indonesia.

Saya cuma sedikit tahu tentang Siti Nurbaya, jadi sebenarnya nama Marah Rusli tidak familiar bagi saya. Namun sejatinya saya selalu bisa tertarik pada novel yang sarat nilai lokalitas sebuah daerah. Apalagi ini berlatar adat Minang. Bulan kemarin, saya menyelesaikan novel Persiden, sebuah novel unggulan DKJ tahun 2010 yang juga mengambil lokalitas Sumatra Barat. Meski dari novel itu yang saya dapati hanya kompleksitas masalah yang sedang dialami para karakternya yang berbalut adat Minang, saya berusaha untuk tidak kapok. Karena itu saya tetap berandai untuk membaca novel yang berlatar sama ini. Yah, semoga saya memang jodoh dengan novel ini.

Nah, buku apa yang masuk ke dalam wishlist-mu di rabu ini? wishful-wednesday

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

5 thoughts on “Wishful Wednesday #23

Leave a Reply

