#68 The Graveyard Book

The Graveyard Book – Neil Gaiman
Ebook version, 174 pages
published October 6th, 2009 by Harper Collins
4 out of 5 star

Nobody Owens, known to his friends as Bod, is a normal boy.

He would be completely normal if he didn’t live in a sprawling graveyard, being raised and educated by ghosts, with a solitary guardian who belongs to neither the world of the living nor of the dead.

There are dangers and adventures in the graveyard for a boy-an ancient Indigo Man beneath the hill, a gateway to a desert leading to an abandoned city of ghouls, the strange and terrible menace of the Sleer.

But if Bod leaves the graveyard, then he will come under attack from the man Jack—who has already killed Bod’s family. . . .

The Graveyard Book, a novel by Neil Gaiman, has received many award. They are: Hugo Award for Best Novel (2009), Newbery Medal (2009), Locus Award for Best Young Adult Novel (2009), World Fantasy Award Nominee for Best Novel (2009), Mythopoeic Fantasy Award Nominee for Children’s Literature (2009), Cybils Award for Middle Grade Fantasy & Science Fiction (2008), Audie Award for Audiobook of the Year (2009), An ALA Notable Children’s Book for Middle Readers (2009), ALA Teens’ Top Ten (2009), Michigan Library Association Thumbs Up! Award Nominee (2009), Indies Choice Book Award for Best Indie Young Adult Buzz Book (Fiction): (2009), Carnegie Medal in Literature (2010), British Fantasy Award Nominee for Best Novel (2009)

~

Novel ini akan membawa kamu merasakan sepenggal kehidupan Bod. Masa kecilnya, tahun-tahun penting bertumbuhnya ia dan secara tidak langsung juga tahun-tahun pencarian jati diri Bod. Maklum saja, pencarian jati diri Bod adalah kisah yang tidak umum. Ia manusia yang dibesarkan oleh penghuni makam: makhluk gaib. Semacam tarzan yang lebih berkeluarga dengan hewan-hewan, ‘keluarga’ pertama Bod adalah para penghuni makam.

Waktu itu usianya 4 tahun, saat ia sedang belajar alfabet, ia bertemu dan berteman dengan Scarlett. Manusia pertama yang berinteraksi dengannya, seorang gadis kecil berusia 5 tahun. Pertemanan mereka pun tidak lama, karena petualangan yang sempat mereka lakukan berdua, berdampak kurang baik bagi keselamatan Scarlett. Saat berpisah dengan Bod pun, bagi Scarlett kehadiran Bod terasa sebagai teman khayalan. Tapi nanti, kehidupan membawa mereka bertemu kembali.

Silas, yang di daulat menjadi wali bagi Bod, adalah seorang (?) yang bukan hantu tetapi juga tidak hidup. Nantinya, kita akan tahu bahwa Silas ini semacam vampir. Silas menjadi teman terbaik Bod. Tapi ada saat dimana Silas harus pergi menjauh dari Bod dan tergantikan kehadirannya oleh Miss  Lupescu. Bod tidak mudah menyukai Miss Lupescu yang membuatnya terlalu banyak belajar, hingga akhirnya kebosanan dirasakan Bod dan iya memutuskan untuk kabur sebentar. Sayangnya, di pelariannya ini, ia bertemu dengan the ghouls. Makhluk gaib paling ngga keren, kanibal mayat sejenis villain  yang licik tapi juga bisa dibegoin.

Petualangan Bod menghadapi the ghouls ini hanya satu petualangan Bod yang diceritakan Gaiman di novel ini. Masih ada petualangan lain yang dialami Bod, Seperti sinopsi dari Goodreads diatas bilang, nyawa Bod belum benar-benar selamat selama masih ada Jack sang pembunuh, yang ternyata juga adalah bagian villain secret society.

~

Wow. Novel ini adalah persentuhan pertama saya dengan seorang penulis, yang ternyata juga seorang pendongeng andal dan terkenal, bernama Neil Gaiman. Wow. Saya suka! Imajinasi yang ‘dibagi’ Neil Gaiman di novel ini terasa kaya sekali. Karakter-karakternya pun, hilarious tapi ‘meyakinkan’ sekali. Berkat The Graveyard Book, pemakaman tidak mesti terasa horor. Jempol banget deh fantasinya Neil Gaiman ini, belum lagi novel ini tetap menghadirkan nilai moral dari kehidupan Bod ‘yang tak biasa’. Pokoknya, sukaa banget lah sama novel ini ^-^

The Characters

Penghuni makam yang adalah hantu: Mr & Mrs. Owens, Liza Hempstock, Mother Slaughter, Caius Pompeius, Mr. Pennyworth, etc.

Bukan hantu, bukan manusia, dan kekal: Silas, The Vampire (the origin, not the modern)

Semacam werewolf: Miss Lupescu. Salah satu The Hounds of God.

The ickiest creatures, the ghouls: The Duke of Westminster, Honorable Archibald Fitzhugh, The Bishop of Bath and Wells, The Emperor of China, The 33rd President of the United States, and Victor Hugo. Tokoh ini sebenarnya bukan the ghouls sebenarnya, tapi karena the ghouls memakan jasad mereka maka the ghouls mewujud mereka.

The villain secret society: Jack Frost and Jack of All Trades.

Dan masih ada The Sleer, The Indigo Man, dan The Lady on the Grey.

Karakter yang saya favoritkan, tentu aja Silas. Berhasil banget jadi gurdian untuk Bod. Duh, jadi inget Sirius di Harry Potter. Sedangkan the ghouls itu seperti candaannya Gaiman, karakter the ghouls itu konyol. Sedikit banyak jadi bagian yag laughable dari novel ini. 

The Writing

Every words wrote by Neil Gaiman in this novel were engaging. Great story-telling. thumbs up

Favorite Part(s)

Dance Macabre! Of course! Sebuah ritual, dimana manusia dan penghuni makam melebur bersama dan berdansa. Tapi anehnya, manusia akan tidak sadar dan pada penghuni makam akan bungkam seolah Dance Macabre itu sesuatu yang terlarang untuk dibicarakan! Saya merasa ritual ini ajaib sekali. Ritual bersenang-senang, yang meski melibatkan para penghuni makam yang gaib tapi ngga creepy atau horor. Hahha. Udah kayak festival yang kadang jadi daya tarik sebuah kebudayaan atau negara gitu 😀

Last Comment

Ini buku anak (menurutku sih, 10 tahun ke atas) yang fantasinya asik, karakter-karakternya hilarious, contentnya kaya, dan ditulis dengan sangat baik oleh Gaiman. Setuju banget deh bahwa novel ini pantas dapat banyak award. Dan buat kamu, novel ini recommended!

Happy reading ^^

4 thoughts on “#68 The Graveyard Book

  1. suka banget sama buku ini, jadi pengen baca ulang untuk direview 😀 sama ziyy, aku juga suka yang macabre 😀 dan buku ini emang layak dapet newbery ya

    Like

  2. Pingback: [Monthly Recap] July | Faraziyya's Bookshelf

  3. Pingback: Faraziyya's Bookshelf | 2013 Reading Challenge Books In English: Wrap Up Post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s