#52 Divergent

Divergent, by Veronica Roth Paperback, 487 pages published February 28th, 2012 by Katherine Tegen Books English Edition My Rate: 4/5

Divergent, by Veronica Roth
Paperback, 487 pages
published February 28th, 2012 by Katherine Tegen Books
English Edition
My Rate: 4/5

In future Chicago, sixteen year old Beatrice Prior must choose among five predetermined factions to define her identity for he rest of her life. A decision made more difficult when she discovers that she is an anomaly who does not fit into any one group, and that the society she lives is not perfect at all.

Yep. Di suatu hari terpilih, Beatrice dan seluruh pemuda berusia enam belas tahun wajib mengikuti aptitude test. Sebuah tes yang hasilnya akan mengindikasi kecenderungan faksi mana mereka seharusnya berada. Hasil aptitude test Beatrice, sayangnya, berkata bahwa dia adalah seorang Divergent. Hasilnya menyatakan tiga faksi yakni Erudite (the intelligent), Abnegation (the selfless), dan Dauntles (the brave). Dua faksi lainnya adalah Amity (the peaceful) dan Candor (the honest)  Setelah aptitude test, Beatrice dan pemuda lainnya akan memilih faksi mana mereka akan melanjutkan kehidupan di hari yang dinamakan Choosing Day. Beatrice yang sudah merasakan dia tidak cukup selfless untuk seterusnya menjadi seorang Abnegation dan pada Choosing Days ia memilih Dauntless, faksi identitasnya yang berikutnya.

Sembilan pemuda menjadi initiates Dauntless, diluar sebelas orang natural born Dauntless, dan Beatrice adalah satu-satunya transfer yang berasal dari Abnegation. Ia mengganti namanya menjadi Tris, sebagai langkah pertamanya dengan identitas baru. Di antara upayanya untuk menangani ketakutan-ketakutan dan proses inisiasi Dauntless yang selalu meremehkan faksi asalnya, Tris diharuskan untuk menutupi kenyataan bahwa ia adalah seorang Divergent.

Di kelompok transfer, para initiates Dauntles dilatih oleh seorang Dauntless bernama Four. Bersama Four, Tris membagi kenyataan bahwa dia adalah seorang Divergent karena Four mengetahuinya pada suatu simulasi, Tris secara tidak sadar melakukan manipulasi. Diluar penampilannya yang dingin dan keras, ternyata Four bukanlah seseorang yang jahat. Four dengan sadar ikut merahasiakan kenyataan bahwa Tris adalah seorang Divergent dan yang jauh lebih penting ehem Four tertarik pada Tris lalu bumbu romancenya bertebaran

Diluar berlangsungnya inisiasi yang berlangsung selama 30 hari di kelima faksi, kota Chicago ternyata bergejolak. Dimulai dengan permusuhan yang jelas-jelas diperlihatkan Erudite terhadap Abnegation. Lalu pelemparan isu-isu yang dilakukan oleh Jeanine, pemimpin Erudite. Faksi Erudite tidak puas terhadap pemerintahan yang kebanyakan diduduki oleh faksi Abnegation. Mereka tidak setuju terhadap konsep kehidupan masyarakat yang meminimalkan kemewahan. Dipimpin Jeanine, faksi Erudite menyatakan perang demi terbentukanya sebuah improved goverment baru menggantikan kepemimpinan Abnegation.

Telah lama, Jeanine mengembangkan serum untuk mengendalikan faksi Dauntless, dimana para pemimpin Dauntless sudah bersepakat untuk menyuntikkan serum tersebut ke seluruh penduduk faksi Dauntless. Efeknya adalah brain dead dan mereka akan secara otomatis mengikuti perintah yang telah diprogramkan oleh kelompok Jeanine. Tris juga disuntikkan serum tersebut, tetapi efek brain dead tidak dialaminya. Di sini lah mulai terkuak mengapa Divergent dianggap ‘berbahaya’.


Pertama-tama, konsep faksi ini mirip dengan Hogwarts. Lalu konsep pemuda berusia 16 tahun mendapat aptitude test dan mesti memilih saat Choosing Day lalu menjalani proses inisiasi yang sangat tidak mudah -dan terkadang perlu mengorbankan nyawa, atau kemungkinan buruk lainnya, factionless– mirip dengan The Hunger Games. Komponen fantasi di buku ini tidak sebanyak The Hunger Games, tetapi kontemporernya jauh lebih berasa. Dan kenyataan bahwa human error akan selalu menjadi tantangan dalam kehidupan manusia yang masih berjalan juga didapati di sini. Bisa dilihat bahwa, seluhur apapun tujuan dibuatnya sebuah sistem untuk kedamaian dan keamanan suatu negeri, kemungkinan sistem tersebut untuk dihancurkan manusianya akan selalu ada. Dari buku ini, greedy-nya faksi Erudite adalah contohnya.

Saya sendiri menyukai karakter Tris lebih dari Katniss di THG, bila boleh dibandingkan. Dan untuk bukunya, saya juga lebih suka Divergent. Mungkin karena detil nya lebih sedikit. Dan ide Veronica Roth untuk mengembangkan karakter manusia sebagai latar cerita jauh lebih saya sukai daripada konsep Battle Royale yang diadopsi THG. Dan dalam buku ini, pelajaran hidup dan pelajaran bagaimana menjalani hidup lebih terasa. Disampaikan melalui pesan-pesan Ayah Tris, inside thought Tris, bahkan dari Four. Well, a good book to read, if you ask me. Try it.

Happy reading~

My father says that those who want power and get it, live in terror of losing it. That’ why we have to give power to those who dont want it -page 68

Human reason can excuse any evil; that is why it’s so important that we don’t rely on it -page 102

Maybe there is some Abnegation (goodness & selflessness characters) in everyone, even if they don’t know it. -page 120

My father used to say that sometimes, the best way to help someone is just to be near them. -page 191

I have a theorythat selflessnes and bravery aren’t all that different. Alla your life you’ve bee training to forget yourself, so when you’re in danger, it becomes your first instinct. -page 336

p.s: konsep Abnegation atau selfless ini menurutku adorable banget🙂

3 thoughts on “#52 Divergent

  1. Pingback: [Book's Stack] June | Faraziyya's Bookshelf

  2. Pingback: [Monthly Recap] June | Faraziyya's Bookshelf

  3. Pingback: Faraziyya's Bookshelf | 2013 Reading Challenge Books In English: Wrap Up Post

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s