#46 Resep Perkawinan Sempurna

Recipes for A Perfect Marriage Kate Kerrigan Alih Bahasa: Tanti Lesmana 408 halaman Maret. 2010 Gramedia Pustaka Utama My Rate: 3.5/5 star

Recipes for A Perfect Marriage
Kate Kerrigan
Alih Bahasa: Tanti Lesmana
408 halaman
Maret. 2010
Gramedia Pustaka Utama
My Rate: 3.5/5 star

Kata orang, tidak ada yang namanya perkawinan sempurna, tetapi menurutku ada. Perkawinan yang sempurna adalah tempat dua orang menjalanihidup bersama-sama selama hmpir sebagian besar hidup mereka, sampai maut memisahkan. Yang tidak ada adalah perkawinan yang mudah, entah kenapa kita percaya cinta bisa datang dengan gampang. -halaman 384

Perkawinan yang tidak mudah lah yang dialami Tressa Nolan. Belum lama menikahi Dan Kerrigan, Tressa kerap mempertanyakan cintanya untuk Dan. Karena ternyata setelah hidup bersama Dan, Tressa mendapati terlalu banyak perbedaan diantara mereka. Belum lagi Tressa harus beradaptasi dengan keluarga Dan lalu permintaan Dan agar Tressa meninggalkan apartemen yang telah lama didiaminya di Manhattan untuk tinggal bersama dengan Dan di Yonkers.

Sebelum pernikahan Tressa dan Dan terjadi, Niamh memberikan restunya dan menghadiahi Tressa sebuah diary milik Bernadine, nenek Tressa. Diary yang diisi dengan kisah kehidupan cinta dan rumah tangga Bernie dengan James Nolan -juga berisikan resep-resep masakan andalan sang nenek. Diary yang menguak alasan kagumnya Tressa kecil menyaksikan rukunnya nenek dan kakeknya dan betapa ia melihat cinta dari interaksi keduanya. Diary yang membuatnya belajar tentang cinta jenis kedua: cinta yang bertumbuh dan membutuhkan waktu yang lama.

~

Perbedaan-perbedaan antara laki-laki dan perempuan ibarat api yang membuat hati berkobar, tetpi kesamaan-kesamaan di antara mereka adalah bahan bakar yang membuat api itu tetap menyala: kehangatan, persahabatan, saling menyaksikan kesedihan, sukacita, dan kepedihan sebagai manusia. Cinta dalam perkawinan adalah emas yang tersembunyi di tengah-tengah reruntuhan setelah apinya berhenti berkobar. Bisa makan waktu bertahun-bertahun untuk menemukan harta terpendam itu, tetapi yang penting adalah pencariannya, dan kalau emasnya terlalu mudah ditemukan, apakah kita bisa yakin emas itu bukan hanya sepuhan? -halaman 384

Bernadine & James Nolan

Kata Bernie (panggilan kecil Bernadine), ia pernah merasakan dua jenis cinta. Pertama, cinta yang cepat dan dahsyat datangnya dan seringkali cepat pula perginya. Cinta semacam ini yang ia rasakan terhadap Michael Tuffy. Pemuda tampan yang datang dari New York ke kampung halamannya, yang pada akhirnya tidak bisa ia nikahi karena sang pemuda meminta mahar yang tidak mungkin disanggupi oleh keluarga Bernie yang miskin.

Kedua, cinta yang datangnya begitu perlahan, begitu lambat dan kerap luput dari perhatian. Namun saat cinta ini tumbuh perlahan-lahan ini mengisi hati kita, hati kita tidak akan pernah kosong. Cinta jenis kedua ini Bernie rasakan terhadap James, suaminya. Ia salah mengartikan niat baik perjanjian pernikahan mereka yang tanpa mahar yang perlu dibayar keluarga Bernir. Ia menganggap James membelinya. Dan sepanjang ia menyakini bahwa cinta sejatinya adalah Michael Tuffy, ia tidak berniat membuka hatinya untuk James meski ia menunaikan tugasnya sebagai seorang istri yang baik.

Tetapi James sungguh seorang yang gentleman. Ia mau menunggu kebebalan hati Bernie meluruh karena cintanya. Ia tidak memaksa Bernie menjawab pernyataan cintanya, dan ia memperlakukan dengan baik. i really feel sorry for James ketika Bernie masih saja berimaji tentang Michael Tuffy. Dan sungguh butuh waktu berpuluh-puluh tahun agar Jamie bisa mendapatkan pernyataan cinta dari Bernie.

Tressa & Dan Kerrigan

Kisah rumahtangganya mirip dengan kisah sang nenek. Tressa butuh waktu yang lama untuk dia benar-benar yakin mencintai Dan. Sedangkan Dan sendiri berkarakter seperti James, seorang gentleman. Butuh waktu beberapa minggu pertemuan rutin di rumah keluarga Dan untuk Tress mengerti mengapa Dan ingin ia dekat dengan keluarga Kerrigan. Butuh kejadian semisal hampir berselingkuh dengan pria-pria dari masa lalunya agar Tressa sadar bahwa ia mencintai Dan. Butuh waktu yang tidak sebentar juga untuk berdamai dengan Dan yang patah hati setelah mengetahui kejadian hampir-berselingkuhnya Tresa dengan Ronan. Untungnya, tidak perlu sampai Dan hampir meninggal untuk akhirnya Tressa yakin mencintainya dan membalas pernyataan cinta Dan dengan tulus.

~

Sesuai dengan judulnya, resep, di setiap bagian cerita diberi intro resep masakan yang mencerminkan bagian yang akan dibaca. Selain resep, banyak kesadaran-kesadaran yang muncul dari dua segi pandang: Tresa dan Bernadine. The story is good, feel so real (duh, kayak udah ngerasain berumahtangga aja -.-a) yet its true. Worth reading, pack with many life lesson (and many recipes too :-D). So you should enjoy this. Happy reading ^^

~

Cinta murni mudah dikenali. Cepat dan dahsyat datangnya, seperti siraman hujan es, dan sering kali cepat pula perginya. Memenuhi relung-relung hati, dan saat dia pergi, kita merasa hampa seperti gua yang melompong.

Tetapi ada jenis cinta yang lain. Yang datangnya begitu perlahan sehingga kita mengira itu bukan cinta. Setiap hari dia bertumbuh, tetapi begitu lambar sehingga nyaris luputdari perhatian. Namun begitu hati kita diisi oleh cinta yang tumbuh perlahan-lahan ini, hati kita takkan pernah kosong lagi.

~

Tetapi  begitu kita percaya telah menemukan semua jawabannya, kehidupan justru memperlihatkan pad akita bahwa kita tidak tahu apa-apa.

~

Kita bisa mempelajari kematian, atau membicarakannya,kita tahu kematian akan datang, tetapi tak ada yang bisa membuat kita siap menghadapinya.

~

Cinta yang sesungguhnya hanyalah apa yang kita berikan. Itu saja. Cinta tidak ada “di luar sana”, menunggu. Cinta ada di dalam diri kita. Di dalam hati kita: di dalam apa yang rela kita berikan. Kita semua sanggup mencintai, tetapi hanya sedikit yang punya keberanian untuk melakukannya dengan semestinya. Kita takut memberi lebih, takut kalau-kalau pemberian kita tidak berbalas.

Kita bisa saja mengambil cinta yang diberikan orang kepad akita dan menyia-nyiakannya. Tetapi kalau demikian halnya, kita lah yang bodoh. Saat kita memberikan cinta, cinta itu tumbuh dan berbunga di dalam diri kita, seperti tanaman mawar yang dipangkas dan dibentuk dengan seksama. Cinta adalah sukacita. Mereka yang mencintai selalu penuh sukacita, apa pun yang harus mereka tanggung dan tahankan.

One thought on “#46 Resep Perkawinan Sempurna

  1. Pingback: [Monthly Recap] May | Faraziyya's Bookshelf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s