Wishful Wednesday #7

wishful-wednesday

Rabu kembali, dan bagi blog ini Wishful Wednesday adalah mata airnya. Haish.

Rabu ini, sebenarnya aku bingung ingin ‘mengumumkan’ buku apa yang begitu aku inginkan belakangan. Karena ternyata recently i’m not into some books. I do search many books these day, look for the easy stories and easy to read ones. Dan belakangan, sejak menyentuh ebook novel YA yang ternyata englishnya tidak membuatku penat, aku menagih ebook serupa.

Semalam, aku mendownload serial bestseller yang belum pernah kubaca. Dan kemudahan mengakses ebook-ebook itu sedikit banyak mengalihkanku dari buku biasa. In fact, i’m broke enough to leisurely screening-the-buying books from the bookstore. yah.. poor me. sigh๐Ÿ˜ฆ

Balik lagi tentang wishlist book-ku untuk Rabu ini, aku menengok kembali bookshelf di GRku. Dan menemukan buku berikut;

Javid Namah: Kitab Keabadian – Muhammad Iqbalย 

Muhammad Iqbal 203 halaman Maret 2003 Penerbit Pustaka Jaya

Muhammad Iqbal
203 halaman
Maret 2003
Penerbit Pustaka Jaya

Javid Namah melukiskan perlawatan rohani ke langit tertinggi. Drama bersajak (poetic drama) karya Muhammad Iqbal ini seperti menimba inspirasi dari miโ€™raj Sang Nabi. Dalam perjalanannya sang penyair menjuluki dirinya, Zinda Rud, atau arus yang hidup, semacam semangat yang sarat dengan filsafat atau gairah yang diterangi percikan permenungan. Berangkat dari bumi, dipandu Jalaludin Rumi, Zinda naik ke langit mengunjungi planet demi planet, hingga menjangkau wilayah terjauh dimana ia mendekatkan diri pada Hadirat Ilahi. Terangkatlah citra diri pribadi Muslim ke tingkat yang sangat sublim, selaras dengan prinsip sufistik mengenai insan kamil. Berpijak pada sejarah, Javid Namah juga membangkitkan harga diri bangsa Timur, mengatasi superioritas Barat, dalam semangat Islam.

Dunia menghargai Javid Namah sebagai salah satu di antara karya Iqbal terpenting dalam bentuk puisi, setelah Asrar-I Khuldi (Rahasia Diri) dan Rumuz-I Bekhuldi (Misteri Kedirian). Bahkan ada yang menilainya sebagai magnum opus Iqbal, sebagaimana Masnawi karya Rumi atau Gulistan Karya Saโ€™idi. Diterjemahkan dan diberi pengantar oleh Hartojo Andangdjaja, buku ini dilampiri dengan kronologi perjalanan hidup Allamah Iqbal dari tahun ke tahun. *info buku dari sini

Sepertinya buku ini buku langka. Nama Muhammad Iqbal aku dengar dari cuplikan sajak buatannya saat aku membaca novel Takudar karya Mba Sinta Yudisia. Aku termasuk orang yang kepo untuk nama-nama yang tidak familiar tapi ternyata karyanya menarik perhatianku. Dan begitu aku tahu siapa si Muhammad Iqbal ini, aku jatuh cinta. Beliau adalah founding fathers Pakistan, berkecimpung di politik tetapi syiar Islam yang dia lakukan begitu sarat. Dan fakta bahwa ia juga bersastra adalah faktor kekagumanku yang lainnya.

Buku lainnya (oh, ternyata aku malah juga kepikiran untuk memasukkan wishlist itu ke postingan ini) adalah kumpulan puisi Arab Modern yang disusun oleh penerjemah Jaid Namah:ย Hartojo Andangdjaja

Hartojo Andangdjaja 215 halaman 1983 Penerbit Pustaka Jaya

Hartojo Andangdjaja
215 halaman
1983
Penerbit Pustaka Jaya

Aku lupa alasanku memasukkan buku ini ke dalam wishlist GRku saat itu. Aku menikmati sajak-sajak tetapi bukan orang yang bersajak. I enjoy them but hardly have an urge to own the copy. Unless the copies was on booksale either i have it for free then i’ll take them to my shelf. Hehhe. Tapi untuk buku ini, aku punya keinginan untuk memilikinya. Yaah, doakan saja agar aku benar-benar berjodoh dengan mereka berdua.๐Ÿ™‚

Have a wishlist book this wednesday? Come share it,

  1. Silakan follow blog Books To Share โ€“ atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

12 thoughts on “Wishful Wednesday #7

Leave a Reply

