#36 Always Be in Your Heart

Shabrina Ws Cetakan Pertama, 2013 Penerbit Qanita 236 halaman My Rate : 4/5

Shabrina Ws
Cetakan Pertama, 2013
Penerbit Qanita
236 halaman
My Rate : 4/5

Aku selalu menantimu dari matahari di timur, matahari di barat, hingga terbit lagi.
Aku telah melewati musim yang berganti berulang kali. Tapi kau tak pernah hadir di sini. Kini setelah sepuluh tahun kulewati, aku tak yakin lagi, bahkan pada hatiku sendiri.

– Marsela

Kisah Sela dan Juan adalah kisah dua manusia yang tumbuh perasaan cintanya seiring dengan kebersamaan mereka. Sela dan Juan bersahabat, rumah mereka berdampingan dan mereka tumbuh besar bersama. Juan dewasa, saat memasuki awal tahun kuliah, menyadari semakin kuat perasaannya untuk Sela yang mnurutnya lebih dari perasaan terhadap sahabat, lebih dari perasaan terhadap seorang adik. Dengan berani ia meminta Sela dari Apanya. Juan menghendaki hidup bersama Sela. 

Saat itu Timor Leste sedang bergejolak, meski begitu menghendaki bersama Sela, Juan tidak bisa berbuat banyak. Perbedaan prinsip yang dipegang kedua orangtua mereka yang akhirnya membuat jalinan yang hendak dijalin Juan dengan Sela kandas. Tapi tidak perasaan mereka.

Siapakah kita, ketika pada akhirnya sejarah telah bicara.
Bahkan sungai saja bisa berubah muara, sekuat apa pun aku bertahan, sepuluh tahun telah mengubah banyak hal. Dan nyatanya, keadaan memang tak lagi sama.

Juan

10 tahun berpisah dengan Juan, Sela masih membawa perasaan yang sama. Meski datang laki-laki lain bernama Randu, laki-laki yang dipesankan untuk menjaga Sela setelah kepergian sang Apa. 10 tahun Sela membawa harapan untuk bisa kembali bertemu dengan Juan, membawa harapan agar rasanya masih bisa berpulang ke hati yang tepat: hati Juan. Lalu bagaimana kabar hati Juan setelah 10 tahun perpisahan mereka?

**

Hari Minggu (14/4) lalu, saya datang ke launching buku-buku pemenang lomba Qanita Romance. Novel ini adalah pemenang ketiga. Disana diulas kekhasan dari tiap-tiap karya pemenang. Dan untuk buku ini, semua juri sepakat bahwa novel ini adalah yang paling kuat bahasanya. Novelnya adalah roman sastra. Dan memang itu yang saya nikmati, dan mungkin pembaca lain menikmatinya.

Mencarimu, menuruni lembah di Ermera

dan berlari membelah kebun kopi

aku melawan arah angin

yang menampar-nampar sabana

dan stepa yang menguning

Lalu, aku berdiri di sini, di tepi sungai Gleno

Menulis puisi tentang tanah kita

Tentang mimpiku,

tentang mimpimu,

tentang kita

tentang

secangkir kopi

dan

rasa yang tersimpan

Di Tepi Sungai Gleno

Penggunaan bahasa yang cakap, teknis penulisannya juga baik. Materinya roman agak klasik: tentang cinta yang tidak habis dimakan waktu. Tetapi tetap unggul karena bahasa dan selipan fabel didalamnya. Adalah fabel tersebut dilakoni oleh karakter Lon dan Royo, dua anjing yang dibesarkan oleh Sela dan Juan dan menjaga keduanya.

Ritme novel ini tidak terburu-buru, meski tebalnya tidak seberapa. Kekuatan lainnya adalah bahwa diantara ketiga pemenang lomba Qonita Romance, karya ini berhasil membawa setting kearifan lokal yakni Timor dan setting waktu peristiwa bersejarah terlepasnya Timor dari NKRI. Setting yang menjadi poin penting dalam jalan kehidupan Sela dan Juan di novel ini.

Secara keseluruhan, saya puas membacanya. Kecuali kenyataan bahwa akhirnya Randu tidak memiliki banyak ‘cerita’ di novel ini. Saya menyukai karakter yang sangat santun semacam Randu di novel ini. Bahkan Randu saya nominasikan sebagai book-boyfriend versi saya. Selebihnya saya berharap sang penulis, mba Shabrina Ws, bisa menghadirkan karya yang berbeda tetapi dengan memiliki kekuatan yang sama baiknya dengan penggarapan novel ini. Karena karya-karya yang dibuat dengan riset, dengan kematangan wawasan memang terasa jauh lebih berkualitas dan worth-it. Karya ini termasuk salah satu karya yang berkualitas dan patut dinikmati pecinta roman.

Semoga ulasan ini bermanfaat. Selamat membaca~

2 thoughts on “#36 Always Be in Your Heart

  1. Pingback: [Monthly Recap] April | Faraziyya's Bookshelf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s