Biblia Koshodou No Jiken Techou*

*sebuah dorama bergenre detektif tapi penuh aroma buku

4

Daisuke: “If you don’t mind, could you rell me the story of Natsume Kouseki’s ‘And Then…’ in detail? I’d like to understand this story properly, but i can’t read it. Please….”

Shioriko: “Of course. I’d be happy to.”

Daisuke memiliki seorang nenek yang mencintai buku. Sang nenek meninggal dunia dan meninggalkan koleksi bukunya. Diinisiasi oleh ibunya, Daisuke menjual koleksi sang nenek ke secondhand bookshop. Diantara buku tersebut, ada collected works Natsume Kouseki yang terdiri dari belasan seri. Tetapi buku seri ke-8 yang berjudul ‘And then…’, kondisinya berbeda. Di buku tersebut terdapat tanda tangan sang penulis, Natsume Kouseki.

Saat mencari  secondhand bookshop terdekat, Biblia hadir dalam jangkauan pandangnya. Saat itulah ia tahu, Biblia adalah takdir bagi buku-buku yang hendak dijualnya tersebut. Mengira bahwa ‘And then ..’ akan mendapat harga jual yang lebih tinggi, buku tersebut diteliti secara berbeda. Tapi ternyata, hasil yang disampaikan Shioriko setelah meneliti buku tersebut di luar ekspektasinya. Lebih dari harga jual yang tinggi, Daisuke mendapati kisah sang nenek dan cerita asal-usulnya melalui buku tersebut.

Many old copies of books have a human story attached to them.

Sebenarnya maksud dorama ini adalah kalimat diatas. Bahwa setiap buku memiliki cerita manusia yang mengait pada mereka. Setiap episode, meskipun memiliki cerita yang berbeda, benang merahnya tetaplah kalimat tersebut. Humanstory-humanstory tersebut yang akan kita dapatkan dari setiap episode. Kisah-kisah yang bisa di-imaji-kan berkat jejak-jejak yang ada pada buku.

5

I love old books, not just because of the story written inside, but because they’re passed from hand to hand that writes its own story, too.” –Shinokawa Shioriko

Its a good dorama. Bergenre detektif yet funny and lovely. Memasangkan Gouriki Ayame sebagai Shinokawa Shioriko dan Akira sebagai Daisuke Goura. Sang tokoh utama perempuan adalah seorang yang mencintai buku-buku tua. Berkarakter lembut dan pendiam tetapi menyangkut buku-buku tua, ia bisa sangat antusias membahasnya.

3

The thing is, i hardly ever read books. Its not like i hate books or anything. But when  i read, i get dizzy like anemia or something. –Goura Daisuke

Sedang sang tokoh utama pria adalah seorang pria yang tidak membaca buku. Tidak bisa membaca buku karena trauma. Pernah suatu kali, Daisuke kecil menyusup ke perpustakaan sang nenek tetapi sang nenek yang kaget mendapati Daisuke kecil di perpustakaan pribadinya justru memukul anak itu dengan buku. Kejadian itu yang ternyata menyisakan trauma, menyisakan rasa pusing tiap kali ia mencoba membaca buku. Di akhir episode pertama dan episode berikutnya, Daisuke bekerja untuk Shioriko di Biblia.

Untitled

Saat pertama melihat sinopsis dorama ini, saya ragu untuk menontonnya. Karena pada dasarnya dorama ini bergenre detektif. Dan rasa-rasanya sudah terlalu banyak dorama jepang bergenre detektif dan saya khawatir bahwa saya akan bosan. Tapi ternyata, setelah memutuskan untuk menontonnya, saya menyukai dorama ini. saat ini saya mengikutinya, baru sampai episode 4. Selain dari pemeran utama wanita yang cantik dan manis itu, ternyata penampilan Akira pada dorama ini juga cukup atraktif. I love his style here, when he had no mustache here. Thehhe😀

And so, i recommend you booklovers to try this dorama. The human stories there, in that dorama, makes you human #eh #imho

May you enjoy the dorama like i do🙂

Eh iya, ada pesan sponsor lain:

2

Not being able to read books is a terrible waste. A real waste.

 

2 thoughts on “Biblia Koshodou No Jiken Techou*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s