[Aktivitas Membaca] Mei 2012

“Kita tidak mungkin bisa menghabiskan semua buku, tetapi kita bisa menghabiskan semua buku yang sesuai dengan kebutuhan kita.”

Alhamdulillah, aktivitas membaca di bulan Mei berjalan sesuai track yang diperkirakan. Dengan target 100 buku selama satu tahun, tiap bulan menjadi wajib baca 8 buku. Bulan Mei lalu, 9 buku saya tambahkan ke dalam rak ‘telah dibaca’. Mereka adalah,

I Shall Not Hate – Izzeldin Abuelaish

Sebuah otobiografi seorang ginekolog laki-laki, seorang asli Palestina, yang menyebarkan pesan kemanusiaan bahwa perdamaian lah yang paling baik bagi konflik Palestina – Israel.
Otobiografi yang mengajak pembaca untuk tidak memandang perbedaan terlebih dahulu melainkan mengutamakan persamaan yang ada.

Buku ini cukup tebal, cukup membuat bosan di beberapa titik, tapi juga cukup membuat bergetar saat mendengar penceritaannya saat genting digempur bom-bom Israel hingga detik-detik ia kehilangan tiga putrinya akibat serangan tersebut. 

The Espressologist – Kristina Springer

Semacam teenlit yang harum kopi ala starbucks. Cukup menghibur, ringan dan mudah dicerna.
Ulasannya disini

Travel Writer – Gol A Gong

Sempet kaget saat saya menemukan ulasan yang mengatakan bahwa Te We ini bukan karya terbaik Gol A Gong. Tapi, saya mengangguk: untuk publikasi yang lumayan (saat itu dibedah di KPG Fair kan yah?), karya ini so so.

Rahasia Penulis Hebat: Membangun Setting Lokasi – Akmal Nasery Basral, dkk.

Cukup membantu tanpa banyak berteori. Cerita-cerita yang jujur dari penulis-penulis yang dalam serial kedua ini lebih banyak berasal dari Rumah Dunia dan dalam lingkaran Gol A Gong.
Ulasannya disini

Catatan Cinta dari Mekkah – Awy Ameer Qolawun

Kumpulan curhatan berhikmah yang digawangi seorang anggota FLP Arab Saudi. Seorang Gus dan latar pendidikan agama yag bagus. Banyak yang tidak special, dalam artian kita bisa menemukannya pada orang lain. Terlalu tebal dan dari segi bahasa kurang cantik sastranya, meski begitu dengan apa adanya kumpulan tulisan Awy ini menyedot kita untuk merenung tentang banyak hal kecil.
Ulasannya disini.

Travelove – Andrei Budiman, dkk.

Sudah saya katakan dalam ulasan yang saya buat tentang buku ini, cerita cinta yang saya sukai justru bukan tentang sejoli tapi cerita Trinity tentang ia bersama ayahnya. Dan tentang cerita cinta yang aneh dan kocak a la Rei.
Ulasannya disini.

Three Weddings And Jane Austen – Prima Santika

Cukup romantis, mengajak menyelami pesan Jane Austen dalam karya-karyanya bahwa pernikahan itu penting (?). Cukup nikmat, dan menyulut saya justru untuk lebih tahu banyak tentang karya Jane Austen yang lain, disamping pride and Prejudice. Selang beberapa saat setelah baca buku ini, saya sempat addict sama film klasik yang diproduksi BBC.
Ulasannya disini.

Gadis Kretek – Ratih Kumala

Entah, saya sempat begitu kepingin baca novel ini. Kayaknya karena ulasan-ulasan di Goodreads. Teknis menulisnya cukup baik, tapi ceritanya not up to my taste. Tadinya mau bikin ulasannya dalam rangka review bareng GRI, tapi tidak jadi karena minat itu menguap.

Lontara Rindu – S Gegge Mappangewa

Buku yang memang rasanya seperti laskar pelangi, dan juga berbobot. Saya beli demi ikut Lomba Resensi novel ROL. Ulasannya lebih lanjut, mampir dan beri komentar disini ya: http://www.republika.co.id/berita/senggang/review-senggang/12/06/03/m508bk-aksara-yang-merangkum-rindu

Well, thats my reading report. How about yours?
See you next month, InsyaAllah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s