#24 Travelove

Penulis                 : Andrei Budiman, Ariyanto, Claudia Kaunang, dkk

Penyunting         : Ikhdah Heni

Penerbit              : B-first

Cetakan               : I, April 2012

Tebal                     : vi + 158 halaman

Kisah-kisah travelling berbalut cinta, itu yang ditawarkan buku dengan sampul berwarna lime ini. Melakukan perjalanan, memang bukan semata tentang tujuan, tetapi perjalanan itu sendiri. Mungkin, berangkat dari hal yang sama, sekumpulan traveller dalam buku ini menyumbang satu-satu roman yang bersangkut paut dengan perjalanan yang mereka lakukan.

Ada sembilan cerita dan ada dua cerita yang paling saya suka. Pertama, cerita yang dituliskan Trinity, judulnya Perjalanan Ke Surga. Bukan roman sepasang lawan jenis sebaya, tapi cerita cinta ia dan ayahnya. Her position, sometimes just like mine. Ketika sang ayah sakit tapi minta diajak ke Bromo, mulanya Trinity malas-malasan. Mungkin dibenaknya –semisal yang kerap ada dibenakku-, permintaan sang ayah sangat merepotkan dan (bahkan) mengganggu rencana awalnya. Tapi akhirnya ditemani juga ayahnya.

Dan kadang, kebersamaan memang sesuatu yang tak bisa terbayar kecuali dengan perasaan saat bersama itu sendiri. Hingga ketika sang ayah meninggal –sedih ya, ternyata-, Trinity justru bersyukur atas kesempatan kebersamaan yang akhirnya ia ambil. Saat terpaksa membatalkan rencana ke Bali bersama teman-temannya demi menemani ayah yang merengek minta ditemani ke Bromo. Saat memilih bermain biliar bersama sang ayah, permainan yang sangat disukainya yang selalu bisa mengembalikan keceriaan dan kebugaran sang ayah. Entahlah, somehow, i just know how it feels😥

ngelap airmata dipipi

Lalu cerita kedua yang paling saya suka dalam buku ini, justru cerita yang geje. Cerita yang agak penuh dengan umpatan. Tapi sumpah, ini cerita rasanya kocak banget. Cerita dari Rei Nina. Judulnya saja lucu: saya perempuan dangkal dan varietas lelaki kurang unggul. Dia bercerita tentang dirinya dengan mantan pacarnya, yang diibaratkan olehnya pertemuan mereka seperti bertemunya Einsten dengan Ghandi. Pisces dengan Libra. Pacarnya itu lelaki keturuan Yunani fanatik yang banyak akal, cerdas, sering menjengkelkan dan juga ajaib! Tapi herannya, dia bisa sedemikian tahan.

Lelakinya ini benar-benar banyak akal. Tipikal lelaki yang pikirannya tak lepas dari pikiran anak berusia 12 tahun padahal usianya menua. Tiap harinya selalu ada kejutan. Kok bisa ya, Rei ini tahan dengannya? Mungkin karena Rei adalah seorang yang amat tidak romantis sehingga bersama lelakinya ini, berairmuka lempang pun tidak masalah. Tetapi lelakinya ini tipikal keras kepala untuk hal yang diyakininya. Maka nanti kita akan mendapati Rei dan lelakinya cekcok hanya karena sebuah kesalahan nama (tapi memang sempat dijadikan olokan oleh Rei). Lucunya, menurut pengakuan Rei sendiri, pada akhirnya perseteruan mereka -hingga kini tak lagi berpacaran- berubah menjadi dendam kesumat. Asli, mulai dari penuturan hingga sang lelaki yang diceritakan ini dan hubungan mereka memang benar-benar unik.

Masih ada cerita unyu, setidaknya menurut saya yang juga suka komik serial cantik. Cerita yang so sweet, dari Rini Raharjanti yang menemukan cintanya, seorang pria Irlandia yang adalah tim dari travel agent perjalanannya di Laos. Atau cerita cinta dengan sentuhan reliji dari Claudia Kaunang. Dan cerita lain yang ngga kalah menarik.

Tiga bintang saja dari saya, yang berhenti hanya pada menyukai kumpulan tulisan dari buku ini. Kebanyakan dalam tulisan ini, kalimat-kalimat yang digunakan panjang-panjang dan melewatkan tanda baca. Selebihnya, cerita-cerita mereka tetap terasa mengalir.

Dan, semoga bermanfaat.

Selamat membaca~

3 thoughts on “#24 Travelove

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s