#22 Rahasia Penulis Hebat: Menciptakan Karakter Tokoh

Penulis                 : Ahmad Fuadi, Ali Muakhir, Boim Le Bon, dkk

Cetakan               : I, Januari 2012

Penerbit              : Gramedia Pustaka Utama

Tebal buku          : vi + 112 halaman

empat bintang (****)

Ada 17 penulis, 17 tulisan, dan –berarti- 17 cerita dibalik tema yang diusung dalam judul: menciptakan karakter tokoh. 17 penulis yang familiar dan produktif, di buku tipis ini, masing-masing dari mereka bercerita tentang proses kreatif mereka dalam membuat karya fiksi. Tentunya, yang menjadi garis kesamaan adalah bermula dari , bagaimana menciptakan karakter tokoh? Bagaimana memperkuat tokoh fiksi yang kita buat?

Ahmad Fuadi, dalam membuat karakter tokoh-tokoh negeri 5 menara, ia hanya perlu memberikan sifat tambahan dan mengembangkan karakter sesuai alur yang diinginkan. Kenapa? Karena tokoh-tokoh negeri 5 menara berasal dari kehidupan nyata, yang berarti bahwa karakter fiksi tak perlu diciptakan dari nol.

Semisal dengan Ahmad Fuadi, bagi Donatus A Nugroho, karakter tokoh fiksi yang diciptakannya adalah karakter tokoh terdekat. Comot karakter mereka, lalu pindahkan dalam cerita fiksi yang sedang kita bangun. Selain membangun karakter tokoh yang (umumnya kita pilih) dari karakter orang terdekat, memoles karakter tokoh adalah dengan pemilihan nama yang tepat. Bukankah nama dapat mewakilkan latar sosial hingga latar kepribadian?

Kumpulan tulisan disini, seperti saya katakan di awal, adalah cerita-cerita proses kreatif penulis-penulis produktif dalam negeri. Maka kita nanti akan tahu bahwa awal proses kreatif KeF (Kurnia Effendi), adalah menghimpun judul-judul fiksi yang terlintas sebagai ide dalam pikirannya. Bahwa bagi Fahri Asiza, karakter tokoh tercermin dari dialog antar tokoh. Bagi Ollie, riset adalah kekuatannya untuk membangun karakter tokoh. Bagi Sefryana Khairil, membangun karakter tokoh adalah dengan menjiwai tokoh. Menjiwai tokoh? Tentu saja dengan mencintai tokoh fiksi yang kita buat. Bagi Sinta Yudisia, observasi dan teknik konseling adalah alat bantu yang vital bagi genre fiksi sejarah. Dan beberapa cerita dari penulis hebat lainnya.

Semacam behind the scene bukan? Ada ‘tontonan’ kisah dibalik proses kreatif karya fiksi dari penulis-penulis berbeda. Bagi teman-teman yang membutuhkan panduan singkat, buku tipis ini akan bermanfaat karena tulisan-tulisan disini terasa lumayan padat. Sebagai buku how to, karena menghimpun tutur kisah beragam  dari banyak penulis, buku how to ini termasuk buku yang bagus dan menarik.

Well, semoga ulasan ini bermanfaat.

Selamat membaca dan selamat menulis~

catatan: empat bintang, karena: fiksi adalah dunia baru bagi saya. dan buku tipis ini cukup bermanfaat. tidak begitu teoritik tapi mengalirkan cerita-cerita langsung dari banyak penulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s