Aceh Sepanjang Abad

image

Tadi aku melihatnya, di meja orang asing yang sore ini mengajakku berbicara.
Ku alihkan pandanganku berkali-kali.
Memandang penasaran kepada dua buku yang kutebak bukanlah buku asli melainkan hasil kopi.

Apa kamu pernah tahu rasanya mencari buku di perpustakaan yang lumayan lengkap tapi tidak menemukan buku yang kau inginkan? Lantas dalam waktu lain, lama sesudah pencarian dan kamu hampir-hampir melupakannya, tiba-tiba buku itu terdiam diatas meja.
Karena pastinya buku itu bukanlah sesuatu yang bergerak, kamu akan merasa bahwa kamu dibawa kepadanya, untuk menemui, meski hanya untuk melihat saja.

Begitulah yang ku rasakan.

Aku tak tahu, apakah dua jilid buku tebal itu milik orang asing yang tadi sore mengajakku berbincang atau milik orang lain?
Tak berani lah aku meminjam pada orang yang baru sekali itu aku lihat dan sekali itu aku dengar namanya.

Tapi akhirnya aku bisa menyentuhnya. Singkat.
Karena aku tak bisa berlama-lama berada di dalam ruangan yang menjadi tempat meneduhnya itu.

Dan tentang buku itu,

Buku itu adalah Aceh dan sejarahnya.
Aku tahu, karena ia adalah sejarah, mungkin sekali ia adalah teman yang membosankan.
Tapi bagaimana lah, aku telah demikian penasaran akannya.
Rasa penasaran bisa sulit ditundukkan sampai kita benar-benar dihadapkan.

Aku hanya berharap bisa segera berjodoh lagi dengannya.
Tak sekedar bertemu, tapi aku berharap bisa kencan dengannya di suatu tempat yang tenang.
Atau yang lebih tak mungkin lagi, berharap bisa kencan dengan orang yang telah merekomendasinya dalam kata pertama di judul buku itu: Aceh.

Mengenang rasa yang belum tuntas kesampaian,
Cilitan, kamis sore.

Posted from WordPress for Android

2 thoughts on “Aceh Sepanjang Abad

  1. mba, aku juga lagi cari – cari buku ini…
    kalo versi digitalnya si sudah dapat, tapi masih penasaran dengan cetakan ke-3 seperti yang mba ulas….
    mba, ceritain dong detail buku ASA cetakan ke – 3 ni…. penerbitnya siapa dan dicetak ulang tahun berapa….?

    Like

Leave a Reply

