#19 Tahta Mahameru

Judul : Tahta Mahameru

Penulis : Azzura Dayana

Penyunting : Priyantono Oemar

Penerbit : Republika

Cetakan : I, Maret 2012

Tebal : vii + 380 halaman

My Rate, 4 of 5 stars.

Ini novel tentang Ikhsan dan Faras.

Persahabatan mereka yang irit cerita. Faras yang terlampau baik hati, lugu dan tulus. Bertemu dengan Ikhsan yang sinis, hidupnya sepi, dan menjadi pribadi yang pesimis akibat ditimpa banyak kemalangan. Singkatnya, Ikhsan bentukan broken home dan mewujud manusia pendendam. Faras dipertemukan untuknya seolah demi meluruhkan kesedihan dan dendamnya. Perlahan, melalui kebertolakbelakangan antara mereka.

Pertemuan mereka sebenarnya bisa dihitung jari, begitupun dengan cerita yang mengalir diantara mereka. Tapi Faras begitu fasih mengatakan bahwa Ikhsan adalah sahabatnya. Setidaknya ia ingin menjadi sahabat Ikhsan yang memang sedikit sekali berteman dengan orang lain. Berkorespondensi lewat email, meski beberapa diantara email kiriman Ikhsan adalah intrik adik tirinya -Aulia. Dan berbekal email-email yang masuk dari Ikhsan yang biasanya mengirimkan foto – foto tujuan perjalanannya, Faras mengejar Ikhsan. Dalam pengejaran Ikhsan inilah, Faras mendapat teman seperjalanan yang bernama Mareta. Seorang gadis berkepribadian bebas dan easy going, yang ternyata merupakan seseorang adik (lain ayah) Ikhsan.

Ranu Pane, menjadi tempat pertemuan pertama Ikhsan dengan Faras. Mba Yana, fasih betul menceritakan latar tempat yang merupakan β€˜telinga’ Mahameru tersebut. Tak hanya Ranu Pane dan pendakian Semeru yang akan kita nikmati disini, tetapi juga Tanjung Bira. Menikmati ceritera seputar pinisi, dan cerita tentang simalakama adat suku Bugis yang menjadi perenggut nyawa Fikri, seorang sahabat yang dimiliki Ikhsan.

Menikmati cerita Mba Yana dalam novel ini, Ikhsan bukan seorang yang hatinya buruk. Ia hanya sedang dalam pencarian jati diri. Dan dalam pencarian ini, kelak, kita menemui satu tokoh lagi yang bernama Yusuf. Seorang tahanan yang menjadi teman satu selnya, Ikhsan, dalam penjara. Loh kenapa Ikhsan masuk penjara? Yah, manteman cari sendiri jawabannya di novel ini ya :-P

Jadi empat bintang dari saya ini adalah untuk narasi perjalanan, narasi pendakian semeru, kutipan-kutipan lirik lagu dan nasyid juga untuk Tanjung Bira. Yang kurang sreg buat saya, dari buku ini, adalah penggunaan gue untuk tiap bagian yang menceritakan Mareta. Mungkin iya, pribadinya bebas dan easy going, pokoknya anak kota lah ya, tapi tetap ga nyaman tiap kali baca penceritaan Mareta. Ah, mungkin juga saya sudah lama tidak baca teenlit atau metropop yang familiar dengan gue-loe. Selebihnya, duh, Faras itu terlalu baik, ampe bikin geregetan (atau sebenarnya iri? -.-a).

Ada cerita cinta juga di novel ini, bagian-bagian akhir, terbaca ketertarikan Ikhsan pada Faras. Lalu ada aroma cemburu, saat Ikhsan tahu bahwa Faras hendak dijodohkan dengan Nurdin. But then, kisah cintanya tak mendapat kejelasan hingga akhir novel ini (menggantung). Ah, toh bukan itu yang sepenuhnya ingin disuguhkan di novel ini, tetapi persahabatan antara Ikhsan dan Faras juga tentang pencarian Ikhsan serta (tentu saja) tentang Mahameru!

So, this is it, novel pemenang kedua lomba novel Republika (2011) karya Mba Yana. Patut dibaca biar tenggelam dalam narasi pendakian semeru dan kesederhanaan Ranu Pane.

Semoga bermanfaat.
Salam Semangat Membaca~

** originally posted on May 2, 2012. Here.

4 thoughts on “#19 Tahta Mahameru

    • eh, emang beda ya?
      pokoknya penerbit republika mb.
      memang baru launch, mungkin datanya aja yang belum ada. allahu a’lam.

      Like

  1. eia, kok mb sinta ud sampe sini aja sih?
    kan aku baru buat. hehe
    ato liat di thread grup goodreads yak?πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s